Bupati Pacitan Dorong BUMDes Tangkap Peluang Bisnis Internet Bersama Icon+ dan LDN

oleh -Dibaca 697 kali
Bupati menerima audensi dari Icon+, anak perusahaan PT PLN, Selasa (26/10/2021). (Foto: Yahya Ali Rahmawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji mendorong agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terus aktif dalam menghidupkan kegiatan perekonomian di wilayahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di Pemkab Pacitan saat menerima audensi dari Icon+, anak perusahaan PT PLN yang menyediakan jasa  internet. Menurut Bupati, internet merupakan kebutuhan pokok yang saat ini harus dipenuhi.

“Namun karena masih banyak daerah yang blank spot atau nir sinyal, maka BUMDes harus menangkap peluang tersebut, yang pertama bisa mengurangi blank spot dan yang kedua bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PAD) dengan berbisnis internet,”ucap Bupati Aji, Selasa (26/10/2021) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Bupati Aji juga menyampaikan bahwa jika BUMDes sudah mengelola internet desa maka sektor yang lain bisa tercover.

“Kebutuhan internet untuk Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata dan sektor lain bisa ikut terpenuhi. Untuk itu, saya mendorong agar Desa melalui Bumdes bisa menangkap dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh Icon+ karena kemampuannya dalam penyediaan internet yang cepat dan stabil serta memiliki infrastruktur hingga pelosok,”jelasnya.

Selain di desa, Bupati juga konsen membangun Smart City. Sebab, menurutnya, konektivitas di kota pun akan dibangun dengan intranet maupun internet yang cepat dan stabil.

“Penawaran dari Icon+ ini sangat masuk, apalagi ini merupakan perusahaan milik BUMN yaitu PLN. Kedepan, harapan kita adalah Pacitan sejahtera yang salah satunya ditopang dengan koneksitas internet baik dari desa maupun dari kota,”pungkasnya.

Sementara Paisal, selaku manager Bidang Pemasaran dan Penjualan SBU Regional Jawa bagian timur menyampaikan komitmen pihaknya untuk menyediakan fasilitas internet yang cepat dan stabil dimanapun.

“Selama ada tiang listrik, maka kita akan mensuplai kebutuhan internet yang diperlukan,” ucap Paisal.

Mitra Icon+ di Pacitan yaitu PT Lentera Digital Nusantara melalui Alfian Ade Faka juga menyampaikan bahwa pihaknya akan membantu komitmen Bupati Pacitan untuk mewujudkan Pacitan Sejahtera yang salah satunya didukung dengan akses internet yang cepat dan stabil melalui jaringan Icon+.

“Dimana ada kebutuhan, ada suplai maka akan kita pasang. Mari bersama bekerja agar Pacitan bebas blank spot dan warganya bisa cerdas yang akhirnya membawa kesejahteraan bagi kita semua,”kata Faka.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan