Cerita Tentang Keteladanan Istri Bupati Pacitan Periksakan Buah Hati ke Posyandu

oleh -Dibaca 1.340 kali
Kegiatan Posyandu Paguhan dihadiri Istri Bupati Pacitan Efi Suraningsih, Kamis (21/10/2021). (Foto: Dok)

Pacitanku.com, PACITAN – Keteladanan istri Bupati Pacitan, Efi Suraningsih untuk kembali menyemarakkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) patut diacungi jempol.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Lurah Pacitan, Frendy Eka Endrianto saat berbincang dengan Pacitanku.com, Kamis (21/10/2021) di Pacitan.

“Beliau (istri Bupati Pacitan) sebelumnya ikut di Kelurahan Ploso, dan kemudian tiba-tiba pindah dan ikut memeriksakan putrinya, yaitu Mbak Pinayung Baskara Putri Azzahra ke Posyandu Paguhan di Kelurahan Pacitan pada Kamis (21/10/2021) pagi sekitar pukul 09.15 WIB,”jelas pria yang akrab disapa Frendy ini.

Berkat keteladanan Efi, Frendy mengungkapkan tingkat partisipasi masyarakat yang memiliki balita untuk datang kembali ke Posyandu meningkat setelah sebelumnya sempat menurun drastis.

“Sebelumnya, kehadiran ke Posyandu, utamanya di wilayah Kecamatan kota itu minim sekali, dan tiba-tiba beliau (Istri Bupati) datang dan memberikan keteladanan, tentu pesan moral beliau hadir disini agar masyarakat kembali termotivasi ikut Posyandu,”kata pria yang merupakan alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tahun 2008 ini.

Frendy mengatakan, saat diumumkan kehadiran istri Bupati Pacitan ke Posyandu Paguhan di grup-grup Whatsapp Massanger (WA), antusiasme masyarakat untuk kembali hadir ke Posyandu meningkat drastis.

“Sebelum COVID-19 itu mas (wartawan, red) kehadiran (ke Posyandu) minim, waktu COVID-19 itu ada PPKM bulan September kehadiran tidak ada 50 persen, setelah Bu Bupati datang, kita umumkan di grup WA Posyandu, kehadiran naik drastis, tadi yang datang 50 dari total 60-an balita,”papar dia.

Lebih lanjut, Frendy menyampaikan kehadiran sosok Efi Suraningsih yang notabene istri Bupati menjadi teladan yang baik,dimana tidak bilang apa-apa tetapi langsung memberikan contoh yang baik untuk kembali menyemarakkan Posyandu.

Frendy juga mengharapkan dengankehadiran Efi Suraningsih tersebut bisa memotivasi warga, utamanya masyarakat yang memiliki balita agar kembali menyemarakkan posyandu sebagai upaya untuk memantau tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun

“Ke depan, beliau (Efi Suraningsih, red) juga akan hadir secara rutin untuk membawa putrinya ke Posyandu,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Shalahuddin
Editor: Dwi Purnawan