Kadispora: Portrad Jatim 2021 di Pacitan Kembangkan Nilai Luhur Olahraga Tradisional

oleh -Dibaca 427 kali
Kepala Dispora Jatim Supratomo. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur Supratomo menyebut Pekan Olahraga Tradisional (Portrad) Jawa Timur tahun 2021 yang digelar di Pacitan ini diharapkan bisa melestarikan, menggali dan mengembangkan olahraga tradisional.

“Dengan adanya Portrad ini kan kita ingin melestarikan, menggali mengembangkan olatrad yang sekarang ini dengan era digitalisasi, anak-anak cenderung main HP, dengan dmeikian adanya Ortrad pasti mereka berlatih,”katanya saat ditemui awak media usai pembukaan Portrad Jatim 2021 pada Kamis (21/10/2021) di Pacitan.

Menurut Supratomo, dengan anak-anak berlatih, tentu akan ada kegiatan di desa-desa, di kecamatan, di kabupaten, sehingga olahraga tradisional tetap bisa diestarikan.

“Karena di dalam olahraga tradsional ini banyak nilai-nilai luhur yang itu merupakan warisan nenek moyang kita, itu tak boleh hilang karena itu merupakan bagian dari karakter bangsa ya, harus kita tanamkan terus nilai-nilai luhur,”jelasnya.

Apalagi, kata dia, dengan berolahraga bisa menjadi lebih sehat, dengan olahraga, tenaga kerja akan menjadi lebih produktif, yang sekolah juga konsentrasinya lebih fokus.

“Karena dengan olahraga ini, pasokan oksigen ke otak lebih bagus, orang bisa lebh konsentrasi, anak-anak bisa konsentrasi, dengan olahraga ada nilai kejuangan, persahabatan, keunggulan, kepemimpinan, ini sangat kompleks dan ini bisa membangun karakter,”paparnya.

Lebih lanjut, Supratomo juga menjelaskan alasan hanya 20 daerah di Jatim yang ikut dalam kegiatan Portrad yang dipusatkan di kawasan sport center Pacitan tersebut.

“Sebenarnya ini kan pelaksanaan sudah kita undur beberapa kali, namun ada beberapa kabupaten yang kena refocusing penyesuaian, kita maklumi lah, karena pandemi, kita bisa menggelar acara ini di Pacitan sudah kita syukuri, bahkan beberapa kabupaten/kota semangat untuk ikut, namun tidak semuanya bisa, karena refocusing,”pungkasnya.

Acara pembukaan di Sport Center Pacitan sendiri berlangsung semarak. Diawali dengan pemukulan rontek, kegiatan dihibur dengan penampilan sejumlah penampil, seperti bintang Nopar Pradipta hingga para penari dan vocal grup.

Ketua Panitia penyelenggara, Fitri Rachmawati mengatakan kegiatan Portrad 2021 dilaksanakan selama tiga hari, mulai Rabu (20/10/2021) hingga Jumat (22/10/2021) di kawasan Sport Center Pacitan.

“Adapun nomor dan jenis olahraga yang dipertandingkan adalah hadang putri, dagongan putri, egrang putra, terompah panjang putra dan sumpitan putra,”jelasnya.

Untuk peserta, Fitri mengatakan Portrad 2021 di Pacitan ini diikuti 20 daerah, yang merupakan kabupaten/Kota se-Jatim.“Dengan rincian atlet dan official 353 orang, wasit dan juri 50 orang,”kata dia.

Pewarta/Foto: Sulthan Shalahuddin
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.