Bupati Dorong Setiap OPD di Pacitan Aktifkan Media Sosial

oleh -Dibaca 349 kali
Bupati Aji saat berjumpa dengan para admin medsos OPD di Pacitan pada Kamis (14/10/2021). (Foto: Dok. Kominfo for Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pacitan memiliki dan mengaktifkan media sosialnya untuk mempublikasikan kegiatannya, utamanya dalam pelayanan untuk masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati saat memberikan arahan kepada perwakilan OPD di Pacitan dalam kegiatan pelatihan pengelolaan media sosial yang digelar oleh DInas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan bertajuk #InstameetOPD pada Kamis(14/10/2021) di gedung Karya Dharma Pacitan.

“(Kegiatan) ini adalah keberlanjutan dari arahan saya waktu itu ketika bertemu dengan kepala OPD, saya samapaikan, pak tolong setiap Dinas mempunyai media sosial,”kata Bupati dalam sambutannya.

Ada sejumlah alasan mengapa Bupati Aji mendorong setiap OPD mengaktifkan media sosialnya masing-masing. Memang, kata Bupati, saat ini Pacitan sudah memiliki website Wadule Pacitan untuk menampung semua keluhan dan aspirasi dari masyarakat Pacitan.

“Akan tetapi kalau kita berbicara kecepatan dan lebih memasyarakat, yang paling umum, yang paling dipahami masyarakat Pacitan itu medsos, yang pertama grup WhatsApp dan yang kedua Medsos, dengan setiap OPD mempunyai medsos, monggo nanti sistemnya dibantu Kominfo, sehingga aspirasi di Wadule Pacitan itu bisa lebih cepat tersampaikan, kita pun bisa menjawab segala keluhan dan aspirasi masyarakat Pacitan,”jelasnya.

Selain itu, Bupati meyakini bahwa setiap OPD di Pacitan memiliki banyak kegiatan positif dalam rangka menyejahterahkan masyarakat.

“Namun seringkali hal itu tidak tersampaikan ke masyarakat, sehingga dua dasar itu kenapa saya sampaikan ke kepala perangkat daerah, tulung tunjuk satu orang sebagai admin, siapapun, untuk mengelola medsos, dan semuanya terintegrasi, semuanya harus bergerak bareng,”papar mantan Ketua DPRD Pacitan ini.

Selain itu, hal lain yang mendasari mengapa setiap OPD di Pacitan mengaktifkan medsos, kata BUpati, adalah dalam visi dan misi Kabupaten Pacitan ada sejumlah titik fokus, yaitu infrastruktur,kemudian perkenomian, dan perekonomian ini daya ungkitnya adalah pariwisata, satu lagi tentang pertanian, tentang agriculture, yang keempat tentang reformasi birokrasi.

“Nah, dalam pencapaian visi misi tadi yang 7 priotirtas harapan saya disitulah peran panjenegan dengan medsos mengabarkan kepada masyarakat, maka yang akan terjadi, bisa jadi bahwa ketika sebentar lagi ada pembahasan APBD 2022 disitu akan kelihatan jelas, saya pun akan memantau dengan mudah, yang cepat, dinas mana yang programnya yang selaras dengan visi misi dan RPJMD 2021-2026 itu,”paparnya.

Bupati berharap, dengan setiap OPD mengaktifkan media sosialnya, harapannya hal itu menjadi rutinitas di dinas nya masing-masing.

“Jadi semuanya nyengkuyung prioritas yang kita sepakati. (Media sosial) inimenjadi alat komunikasi, juga menjadi alat kampanye yang sangat efektif,misalkan untuk kampanye sosial, pendidikan, pariwisata, UMKM,”papar dia.

Usai adanya pelatihan para admin medsos OPD di Pacitan, Bupati juga memastikan akan memantau sejauh mana setiap OPD mengelola medsosnya.“Ini akan saya pantau terus pergerakan tiap minggunya bagaimana,”pungkasnya.