Bupati Berharap Pemerintah Pusat Wujudkan Akses yang Lebih Memadai ke Pacitan untuk Majukan Sektor Pariwisata

oleh -Dibaca 409 kali
JALUR Pacitan di wilayah Desa Widoro Pacitan. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN — Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan sejumlah permintaan dan harapan kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam memajukan pariwisata di Pacitan.

“Untuk permasalahan (pengembangan pariwisata) di Pacitan adalah akses menuju Pacitan, sehingga (berharap) mas Menteri (Sandiaga Uno) bisa memberikan rekomendasi kepada Kepenterian Pekerjaan Umum (PU) untuk akses ke Pacitan, baik dari Jateng atau Jatim,”kata Bupati Aji saat menyampaikan paparan dalam webinar bareng Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, baru-baru ini.

Sebelumnya, Bupati Aji menyebut letak Pacitan yang berada di ujung selatan Jawa Timur memerlukan waktu tempuh lebih banyak jika ditempuh dari pusat Provinsi.

Peta akses transportasi di Pacitan. (Foto: Dok. Pemkab Pacitan)

“Kalau kita ingin menuju ke Pacitan, kami ini berada di Provinsi Jatim selatan di selatan-barat, nah aksesnya dari kota besar yang berada di Jatim, itu kalau dari Surabaya memerlukan jarak 225 km, kemudian kami yang paling dekat adalah dari DI Yogyakarta yakni 98 Km, dari Solo 110 km, jika kami berkendaraan dari jogja dan solo itu waktu tempuh 3 sampai 3,5 jam,”jelas Bupati Aji.

Selain persoalan akses, Bupati juga berharap kepada menteri Sandiaga Uno bisa mengenalkan Pacitan lebih banyak lagi.

“Kami sangat berharap mas Menteri tidak banyak, kami berharap mas Menteri bisa mengenal Pacitan lebih dalam lagi dan selanjutnya membantu mengenalkan Pacitan baik di tingkat nasional atau internasional, itu permintaan kami,”papar Bupati.

Menurut Bupati, pekerjaan rumah Pacitan salah satunya adalah menjadikan sektor pariwisata ini penggerak sektor perekonomian di Pacitan.

“Sesuai dengan cita-cita kami, sesuai dengan visi dan misi yang kami punyai, yakni masyarakat pacitan yang sejahtera dan bahagia,”tandasnya.

Keunggulan Pacitan, kata Bupati, adalah lokasi Pacitan yang berada di tengah kawasan wisata strategis nasional, yakni kawasan wisata Borobudur di Jawa Tengah dan juga Bromo Tengger Semeru di Jatim.

“Pacitan ditengah Borobudur dan bromo tengger semeru, sangat strategis menjadi tempat singgahan kedua obyek besar tersebut. Kami mempunyai destinasi wisata alam dan budaya dan pemerintah desa, swasta beserta masyarakat itu sendiri, semangatnya bisa bekrolaborasi bareng membangun pariwisata di Pacitan,”pungkasnya. (red/DP)

Video Ini Daftar Top 13 Pantai di Pacitan