Kemenparekraf Dukung Pacitan Lakukan Uji Coba Tempat Wisata

oleh -Dibaca 483 kali
PANTAI SRAU. Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) mendukung upaya ujicoba pembukaan tempat wisata di Pacitan meski masih diberlakukan PPKM level 3 di Kabupaten Pacitan.

Hal itu disampaikan dalam webinar pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) dengan narasumber utama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Jumat (1/10/2021).

Awalnya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memaparkan kondisi kunjungan wisata di Pacitan mengalami penurunan drastis akibat pandemi COVID-19.

Bupati memaparkan Pacitan pernah mencatatkan rekor jumlah kunjungan di tahun 2019 yang lalu sebanyak 2.305.119 kunjungan wisata.

“Namun (kunjungan wisata) kita terjun bebas di tahun 2020 sebanyak 860.397 dan kemudian di tahun 2021 ada 486.881 kunjungan, dan mudah-mudahan di tahun 2022 nanti bisa bangkit lagi,”kata Bupati.

Bupati kemudian memohon izin agar Kabupaten Pacitan diperbolehkan melakukan uji coba tempat wisata di Pacitan

“Mudah-mudahan (pariwisata) Indonesia di tahun 2022 nanti bisa bangkit lagi, dan kami mengantri mohon izin, untuk bisa uji coba membuka tempat pariwisata kami karena ini tinggal sebentar lagi mau tutup tahun,”imbuh Bupati Aji.

Terkait permohonan uji coba tempat wisata itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Parekraf, Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana menyatakan pihaknya mendukung upaya uji coba dan pembukaan tempat wisata di Pacitan.

Webinar pariwisata Pacitan bersama Menteri Sandiaga Uno.

“Kami di Direktorat Manajemen Industri ini tugasnya melaksanakanpembukaan taman rekreasi di Indonesia, kebetulan kami sudah melakukan pembukaan sebanyak tahap, dimana masing-masing tahap itu disetujui masing-masing 20 tempat wisata dan 20 tempat wisata (di tahap 2), jadi ada 40 tempat wisata yang sudah di buka,”jelas pria yang akrab disapa Hayun ini.

Untuk itu, Hayun mengatakan pihaknya mendukung upaya pembukaan taman rekreasi di Pacitan.

“Ini yang saya lihat Instruksi Mendagri Pacitan masih PPKM level 3, jadi kami akan dukung untuk pembukaan taman rekreasi yang ada di Pacitan, kemudian kami juga akan mendukung hotel dan restoran di Pacitan supaya memiliki QR ocde baik dari PHRI Pusat atau Kemenkes,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aji dan Menteri Sandiaga juga memaparkan bentuk kolaborasi pengembangan wisata di Pacitan.

Selain itu juga disampaikan sejumlah aspirasi dari Perwakilan PHRI Pacitan Chrismillia Natalia, Paguyuban UMKM Pacitan Mega, Paguyuban Pokdarwis Pacitan Rofiq dan Perwakilan Milenial dan Media Sulthan Salahuddin. (red/DP)

Video Ini Daftar Top 13 Pantai di Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.