Hadirkan Menteri Sandiaga Uno, Pemkab Pacitan Gelar Webinar Bertajuk Parekraf Bangkit

oleh -Dibaca 582 kali
Bupati Aji dan Menteri Sandiaga saat webinar tentang pariwisata bangkit pada Jumat (1/10/2021). (Tangkapan layar Zoom)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan menggelar webinar pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) dengan narasumber utama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Jumat (1/10/2021).

Dalam kesempatan itu, turut hadir Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho, Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra dan sejumlah pejabat lainnya. Selain itu juga turut hadir Ketua OK OC Ina Makmur Jawa Timur Joko Dwitanto, Perwakilan PHRI Pacitan Chrismillia Natalia, Paguyuban UMKM Pacitan Mega, Paguyuban Pokdarwis Pacitan Rofiq dan Perwakilan Milenial dan Media Sulthan Salahuddin.

Dalam paparannya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan Pacitan memiliki banyak potensi pariwisata, baik yang dikelola oleh Pemerintah, swasta atau desa.

“Kami memiliki 9 destinasi wisata Pemkab pacitan seperti Pantai Taman, Pancer Dorr, Pemandian Air Hangat, Pantai Srau, Pantai Watukarung, Goa Gong, Goa Tabuhan, Pantai Buyutan dan Pantai Klayar,”kata Bupati Aji.

Tak hanya yang dikelola Pemkab, Bupati mengatakan Pacitan juga memiliki destinasi pariwisata yang dikelola swasta dan desa, seperti Pantai Soge, Pantai Pidakan, Pantai Banyu Tibo, Sungai Maron, Pantai Teleng Ria, Sentono Genthong, Pantai Watu Bale, Pantai Ngiroboyo, Monumen Jenderal Soedirman dan Beiji Park.

Selain banyaknya potensi wisata, Bupati Aji mengatakan potensi tersebut juga ditunjang dengan potensi kuliner dan ekonomi kreatif di Pacitan.

“Kita punya batik Pace, ada rumah coklat, olahan kelapa, ada tuna, batu mulia dimana dulu sempat ada booming batu akik itu dimulainya dari Pacitan,kami juga penghasil biofarmaka yang ada, ada jathil,”jelasnya.

Di sisi lain, Bupati mengatakan di Pacitan juga akan terus dikembangkan sejumlah desa wisata, yakni Desa Dadapan, Desa Jetak, Desa Sendang, Desa Suoharjo, Desa Mantren, Desa Kalipelus, Desa Katipugal dan Desa Karangnongko.

Secara kunjungan wisata, Bupati memaparkan Pacitan pernah mencatatkan rekor jumlah kunjungan di tahun 2019 yang lalu sebanyak 2.305.119 kunjungan wisata.

“Namun (kunjungan wisata) kita terjun bebas di tahun 2020 sebanyak 860.397, kemudian di tahun 2021 ada 486.881 kunjungan, dan mudah-mudahan di tahun 2022 nanti bisa bangkit lagi dan kami mengantri untuk bisa uji coba tempat wisata kami karena sebentar lagi mau tutup tahun,”pungkasnya.

Selain paparan dari Bupati dan juga Menteri Sandiaga Uno, dalam kegiatan webinar itu, juga disampaikan sejumlah aspirasi dari Perwakilan PHRI Pacitan Chrismillia Natalia, Paguyuban UMKM Pacitan Mega, Paguyuban Pokdarwis Pacitan Rofiq dan Perwakilan Milenial dan Media Sulthan Salahuddin. (red/DP)

Video Ini Daftar Top 13 Pantai di Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.