Damkar Pacitan Bantu Padamkan Kebakaran Rumah Warga Bangunsari

oleh -Dibaca 1.348 kali
Kebakaran akibat gas di Bangunsari menyebabkan perabotan rusak. (Foto: Dok Instagram @damkar_Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan warga di Perumahan Bangunsari, Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan berhasil memadamkan kebakaran yang melanda rumah Suyitno, warga RT/RW 03/VII Jalan Manggarsari, Perumahan Bangunsari yang terjadi pada Senin (27/9/2021).

Mengutip dari akun resmi Instagram Damkar Pacitan, @damkar_pacitan, kebakaran atau ledakan yang terjadi diakibatkan gas yang bocor terperangkap di ruang dapur dan terakumulasi hingga mengakibatkan ledakan.

“Pada umumnya, kebocoran gas ini berasal dari kesalahan penggunaan regulator atau kerusakan pada valve (katup) LPG. Selang bisa saja sudah rusak/getas, regulator pada katup tabung tidak terpasang benar/rusak,” demikian keterangan yang menyertai postingan di akun tersebut.

Selain itu, kebakaran bisa juga disebabkan karet pengaman sudah rusak.

“Jadi, ketika ada percikan api, pemantik, atau listrik statis, otomatis mengakibatkan kebakaran atau ledakan,”imbuhnya lagi.

Setelah mendapat laporan dari saksi, tim Damkar Pacitan langsung berangkat menuju lokasi dengan mengirimkan 1 unit mobil pompa. Kemudian melakukan pemadaman dengan aman.

Akibat kejadian itu, korban atas nama Suyitno dirawat di Unit Gawat Darurat (UGD) setempat.