Mensos Risma Sambangi Pacitan Simulasi Gladi Lapang Tagana

oleh -Dibaca 925 kali

Pacitanku.com, PACITAN — Potensi bencana yang cukup tinggi di Pacitan menjadi perhatian pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Beragam mitigasi dilakukan seperti halnya kajian, kesiapan personel, sarana dan prasarana.

Pada Sabtu (11/9/2021), Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini saat mengunjungi Pacitan mengatakan bahwa Pacitan memiliki potensi bencana gempa dan tsunami yang besar.

“Jadi kalau di lihat geografisnya sepanjang pantai selatan, itu hampir semuanya kena dan yang di identifikasi banyak itu di Pacitan,”kata perempuan yang akrab disapa Risma ini, saat berbincang dengan awak media di sela kunjungannya di Pacitan, Sabtu siang.

Mantan Wali Kota Surabaya ini juga menjelaskan hal tersebut karena letak Pacitan yang berada di Teluk Pacitan. Sehingga menambah kedasyatan potensi bencana.

“Menurut teori, karena Pacitan di daerah teluk potensinya semakin besar, dampaknya paling besar,”tandasnya.

Atas kondisi itu, Risma mengajak masyarakat Pacitan untuk memahami potensi bencana tersebut sehingga dapat mempersiapkan diri.

“Ya minimal masyarakat tahu apa yang terjadi, tahu arah jalan evakuasinya, bahkan tadi ada lokasi tapi padahal kalau dilihat justru sangat mudah terkena,”jelasnya.

Selain gladi lapang, Mensos juga meninjau persiapan lokasi jalur baru penyelamatan bencana.

“Kita menyiapkan rencana evakuasi jalur baru, dan semua ini harus siap, mudah-mudahan tidak terjadi dan bisa selamat meskipun terjadi berbagai bencana,”ujarnya.

“Peralatan EWS semua semakin modern bisa melalui smartphone, tadi sudah di uji coba bisa,”imbuh Risma.

Ia juga menyoroti rusaknya EWS di beberapa titik Pacitan sebagai sarana mitigasi bencana.

“Dan memang peralatannya memang banyak yang dirusak, makanya kita pasang rambu-rambu jangan dirusak,”pungkas Risma.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Mensos RI Kunjungi Pacitan Tinjau Kesiapsiagaan Hadapi Bencana