Komisi VIII DPR RI Sebut Pacitan Jadi Daerah Prioritas Mitigasi Bencana

oleh -Dibaca 585 kali

Pacitanku.com, PACITAN — Anggota Komisi VIII DPR RI Ina Ammania memastikan Pacitan menjadi daerah prioritas mitigasi bencana. Hal itu disampaikan Ina Ammania saat kunjungan kerja bersama Menteri Sosial RI Tri Rismaharini pada Sabtu (11/9/2021) di Pacitan.

Sehingga, kata dia, salah satu program prioritas mitigasi bencana tersebut adalah dengan penambahan dan perbaikan Early Warning System (EWS) atau Sistem Peringatan Dini yang merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya bencana alam di Pacitan.

“Dengan keadaan prediksi dari BMKG, saya di komisi VIII, bahwa EWS sedang diputuskan untuk datang ke Pacitan lagi dengan BNPB, yang penting saya minta EWS untuk BPBD di Pacitan,”kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari dapil VII Jawa Timur ini.

Disisi lain, Ina mengatakan jika dirinya sebagai anggota Komisi VIII DPR RI akan melakukan pengawasan terkait penambahan alat mitigasi bencana di Pacitan.

“Ya memang kita akan action, jadi nanti akan dibikin seling-seling untuk pengaman jika terjadi gempa dan tsunami di Pacitan, sudah instruksi untuk dilaksanakan di Pacitan,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Mensos RI Tri Rismaharini bersama Komisi VIII DPR RI dan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengunjungi Kabupaten Pacitan untuk melaksanakan gladi lapang Tagana dan juga meninjau persiapan lokasi jalur baru penyelamatan bencana.

Secara geografis, Pacitan sendiri memiliki 11 potensi bencana alam, dari banjir hingga tsunami. Dan berdasarkan kajian lapangan oleh beberapa lembaga seperti BMKG, BPBD, dan perguruan tinggi, menempatkan Pacitan dengan status tinggi bencana.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Mensos RI Kunjungi Pacitan Tinjau Kesiapsiagaan Hadapi Bencana