Dinkes Pacitan Klarifikasi Keterlambatan Honor Tim Pemulasaran Jenazah COVID-19

oleh -Dibaca 674 kali
Plt Kadinkes Hendra Purwaka. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kegelisahan tim pemulasaran jenazah COVID-19 tingkat desa tampaknya akan segera berakhir.

Pasca pemberitaan media terkait belum cairnya honor tim, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan sebagai kuasa pemegang anggaran langsung merespon dan melakukan klarifikasi terkait keterlambatan yang ada.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka, terlambatnya pencairan honor tim dikarenakan masih belum lengkapnya syarat administrasi yang diajukan kepada dinas kesehatan.

Syarat-syarat tersebut diantaranya adalah, data nomor rekening tim yang tidak sesuai KTP, seperti memakai nomor rekening orang lain.

Selain itu syarat yang selanjutnya yang belum sesuai adalah data nomor rekening tim dari bank berbeda, dimana Dinkes menggunakan rekening dari bank pembangunan daerah Jawa timur, sementara tim menggunakan rekening bank lain.

“Kalau tidak punya rekening, tim ini bisa gunakan rekening orang lain, tapi harus ada surat keterangan dan pernyataan dari desa. Dan jika tim punya rekening di bank lain itu juga tidak bisa langsung cair. Dan biaya administrasi bank dibebankan kepada penerima,”jelas dr Hendra Purwaka, Jumat (3/9/2021).

Keterlambatan pencairan honor tim pemulasaran jenasah dengan COVID-19 dari bulan April 2021 hingga saat ini, menurut dr Hendra terjadi karena  kurangnya  sosialisasi sistem administrasi di tingkat desa. Sehingga data yang masuk kurang lengkap dan kemudian dikembalikan ke desa.

“Kalau adminsitrasi lengkap, maksimal dua minggu bisa cair, dan ini kan banyak yang belum lengkap dan harus di revisi ulang,”tandas dr Hendra kepada pewarta.

Sementara itu, ucap syukur juga disampaikan dari salah satu tim pemulasaran tingkat desa. Karena sehari pasca munculnya berita di media, pada Jumat (3/9/2021), satu honor kegiatan telah cair.

“Alhamdulillah mas, kemarin, Kamis (2/9/2021) saya cek belum cair, eh hari ini (Jumat) cair satu dari enam kegiatan, lumayan lah tiga ratus ribu,”kata R, salah satu tim pemulasaran jenasah dengan COVID-19.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan