Melihat Aksi TP PKK Pacitan Bantu Pemkab Tangani Pandemi COVID-19

oleh -Dibaca 402 kali
Efi Suraningsih bersama anggota TP PKK Kabupaten Pacitan menyambangi sekaligus memberikan bantuan kepada anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena COVID-19 di Donorojo. (Foto: Dok IG @efi_suraningsih)

Pacitanku.com, PACITAN – Pasca dilantik untuk kepengurusan periode 2021-2026 pada Jumat (27/8/2021), pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan cukup aktif membantu pemerintah kabupaten, utamanya dalam membantu Pemkab untuk menangani pandemi COVID-19.

Sepekan belakangan, TP PKK Kabupaten Pacitan dibawah komando Efi Suraningsih melakukan berbagai aksi dalam rangka penanganan COVID-19.

Pada Ahad (29/8/2021), Efi Suraningsih bersama anggota TP PKK Kabupaten Pacitan menyambangi sekaligus memberikan bantuan kepada anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena COVID-19 dan memberikan bantuan kepada warga yang sudah selesai melaksanakan isolasi mandiri di Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo.

“Repandayuda Prasetiya (11 tahun), adek ini di tinggal meninggal kedua orang tuanya, sedangkan Alifa Zahra Khairunisa (6 tahun) ditinggal meninggal bapaknya. Tetap semangat ya anak-anakku sekalian, terus semangat belajar, raih cita-cita kalian,”demikian kata Efi Suraningsih melalui laman instagramnya.

Tiga hari berselang, TP PKK Kabupaten Pacitan juga menyalurkan bantuan sembako kepada keluarga yang terdampak covid-19 di wilayah Kecamatan Pacitan,yaitu desa Arjowinangun,Sirnoboyo dan Tanjungsari.

“Kami baru mampu memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan ya semuanya. Semoga kita semua diberi keselamatan dan pandemi covid-19 segera berakhir,”kata Efi, Rabu (1/9/2021).

Pada Senin (30/8/2021), Pokja 1 TP PKK Kabupaten Pacitan juga mengikuti Zoom Meeting perihal MOS (Massive Online Socialization) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Povinsi Jawa Timur.

“Seperti kita ketahui bersama, dampak pandemi ini mengakibatkan berkurangnya relasi sosial dalam masyarakat, yang mana menempatkan perempuan dan anak dalam kondisi yang rentan. Maka dari itu, webinar ini membahas tentang peningkatkan pelayanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak selama pandemi COVID-19,”pungkas Efi.

Sebelumnya saat memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus, Bupati Indrata Nur Bayuaji berpesan agar gerakan TP PKK selaras dan sinergis dengan visi misi Pemerintah Kabupaten sebagaimana arahan Gubernur Jawa Timur saat melantik Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten 26 April 2021 silam.

“ Saya mengimbau TP PKK turut mendukung pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pacitan, yakni mewujudkan masyarakat Pacitan yang sejahtera dan bahagia,” terang Bupati.