Kadisdik Jatim: Daerah PPKM Level 1,2,3 Silahkan Lakukan PTM Terbatas

oleh -0 Dilihat
Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi. (Foto: Dok. Diskominfo Jatim)

Pacitanku.com, SURABAYA – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Timur Wahid Wahyudi mempersilahkan daerah yang masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1,2,3 untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

Hal itu berdasarkan berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No 34 tahun 2021, dimana daerah yang melaksanakan PPKM level 1,2,3 boleh menggelar pembelajaran tatap muka.

“Daerah yang masuk kategori level 1, 2 dan 3 silakan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas,” ujar Kepala Dinas pendidikan Jawa Tumur, Wahid Wahyudi, dikutip dari laman Kominfo Jatim, Kamis (26/8/2021).

Lebih lanjut, Wahid mengingatkan, ada perbedaan dalam penerapan pembelajaran tatap muka di setiap level.

Menurutnya, untuk level 4 wajib belajar daring 100 persen. Kemudian level 3 dan 2 boleh sebanyak  50 persen, khususnya SLB boleh 63 hingga 100 persen sedangkan PAUD 33 persen.

“Sekolah boleh melakukan dengan syarat warga sekolah sudah divaksinasi. Guru dan tenaga pendidik rata-rata di atas 80 persen. Siswa relatif lebih kecil,”imbuhnya.

Terkait vaksinasi, Wahid menerangkan, ada instruksi dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa jika izin diberikan bagi warga sekolah yang minimal sudah vaksinasi COVID-19 dosis satu. 

“Gubernur sudah mengusulkan ke pusat agar Jatim dikirim vaksin Sinovac yang akan digunakan untuk siswa SMA/SMK,” ucapnya.

Harapannya, lanjut Wahid, apabila ada kiriman Vaksin Sinovac, siswa bisa menjadi prioritas. Sebab sekarang ini, data siswa yang telah tervaksinasi rata-rata 11 persen dari total 1,3 juta siswa.

Sebelumnya, Juru Bicara Rumpun Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, Makhyan Jibril Al Farabi menyampaikan Inmendagri nomor 35 Tahun 2021 yang berisi 18 daerah level 4, 18 daerah level 3 dan 2 daerah level 2.

Level 2 yaitu Sampang dan Pamekasan. Level 3, Pasuruan, Pacitan, Sumenep, Probolinggo, Tuban, Jember, Bojonegoro, Situbondo, Bondowoso, Nganjuk, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Mojokerto, Lamongan, Gresik dan Bangkalan.

Sementara daerah yang masih menerapkan level 4, Tulungagung, Madiun, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Trenggalek, Malang, Ponorogo, Ngawi, Magetan, Probolinggo, Kediri, Jombang, Blitar, Banyuwangi dan Lumajang.

Video Mayoritas Murid di Pacitan Inginkan Masuk Sekolah, Jenuh Belajar Daring?

No More Posts Available.

No more pages to load.