HUT ke-57 SMAN 1 Pacitan, SBY Sampaikan Pesan Penuh Inspirasi: Tidak ada Jalan Lunak Meraih Cita-cita Besar

oleh -Dibaca 651 kali
SBY saat menjadi pembicara utama dalam webinar SMAN 1 Pacitan pada Kamis (26/8/2021).(Foto: tangkapan layar Youtube SMAN 1 Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut memberikan sambutan utama atau keynote speaker dalam kegiatan webinar atau seminar secara dalam jaringan (daring) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-57 SMAN 1 Pacitan, Kamis (26/8/2021).

Dalam kesempatan itu, SBY memberikan sejumlah pesan dan catatan, khususnya ditujukan kepada siswa-siswi SMAN 1 Pacitan dan juga para pemuda Pacitan untuk terus berkarya.

“Pidato kunci yang ingin saya sampaikan ini saya beri judul jalan menuju sukses, tapi ingat ya sukses itu bukan hanya anugerah, sukses juga merupakan produk dan hasil dari jerih payah, sukses itu juga berangkat dari cita-cita dan tujuan hidup yang telah ditentukan oleh orang seorang. Ingat itu semua,”kata SBY mengawali sambutannya, seperti dilihat dalam tayangan Youtube.

Lebih lanjut, SBY menyampaikan bagaimana caranya bagaimana implementasinya agar para siswa dan siswi utamanya khususnya menemukan jalan, tahu jalannya, bagaimana menuju atau meraih sukses di masa depan.

“Ada 3 hal, singkatnya untuk meraih sukses di masa depan, pertama-tama adalah, para siswa dan para siswi kalian semua harus punya cita-cita. Harus punya, jangan sampai tidak punya cita-cita tidak punya tujuan hidup, intinya, what do yo want to be, ingin menjadi apa kelak,”papar SBY.

Kemudian, yang kedua, kata SBY, setelah ditentukan cita-cita, tentukan pula apa sasaran yang hendak dicapai selama 3 tahun bersekolah di SMA Pacitan ini.

“Apa sasarannya harus punya, jangan menyesal nanti ketika tamat, merasa harusnya bisa berbuat yang baik lagi, jadi, ingin menjadi apa dan kemudian selama bersekolah di SMA ini mau ditentukan sehingga nanti hari-hari akan diisi oleh semua, bukan hanya mendengarkan bapak ibu guru, tapi kalian harus aktif untuk mengisi diri menuju ke cita-cita tadi dan menuju ke sasaran selama tiga tahun bersekolah di SMA, kalau sudah ditetapkan sasarannya, tolong bisa dicapai,”jelas SBY membeberkan poin-poin pidato kuncinya.

Kemudian yang ketiga, kata SBY, adalah bagaimana setiap kita mampu menghadapi segala tantangan dan hambatan dalam menggapai cita-cita itu. Karena menurut SBY, tidak ada jalan mudah meraih cita-cita besar.

“Tidak mungkin tidak ada masalah, tidak mungkin tidak ada tantangan, oleh karena itu jangan takut. Hadapi dan atasi tantangan itu, tidak ada jalan yang lunak untuk meraih cita-cita yang besar, pasti, itu hukum kehidupan, kadang kadang kalian sukses, kadang-kadang kalian gagal, itu biasa. Istilahnya juga kalau menang tidak terbang, kalau kalah tidak patah. Never give up, jangan pernah menyerah,”jelasnya.

Menurut SBY, orang yang bijak dan cerdas itu akan bisa mengubah musibah menjadi berkah, akan bisa mengubah dari krisis menjadi peluang.

From crisis to opportunity. Itu bisa. Dan saya nasihati anak-anakku, kalau ada masalah, persoalan, tantangan, berusahalah sekuat tenaga, jangan setengah-setengah, sambil memohon pertolongan Allah SWT, resepnya hanya itu,”ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan webinar itu merupakan puncak acara rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-57 SMAN 1 Pacitan yang dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-76 RI.

Selain SBY, webinar tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang merupakan alumni SMAN 1 Pacitan tahun 1997.

Kemudian juga Suroyo Alimoeso yang juga Ketua Umum Yayasan Alumni SMAN 1 Pacitan dan alumni SMAN 1 Pacitan tahun 1973 dan juga Giyono yang merupakan Kepala SMAN 1 Pacitan.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah pemateri yang merupakan alumni SMAN 1 Pacitan yang sukses. Yaitu Sudibyo Alimoeso yang merupakan Ketua Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI), Ketua Prodi Budidaya Perairan FPIK IPB Munti Yuhana dan juga Sekretaris Jurusan Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta Tedy Agung Cahyadi. (red/DP)

Video Cerita Tentang Rumah Masa Kecil SBY