Apel Gelar Pasukan, Gugus Tugas Pacitan Siap Terapkan Isoter Pasien COVID-19

oleh -Dibaca 711 kali
Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim saat berbincang dengan awak media pada Rabu (18/8/2021). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan gugus tugas (satgusgas) Penanganganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Pacitan menyiapkan  tempat isolasi terpusat (Isoter) bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) seiring masih adanya kasus COVID-19 di masa PPKM level 3 ini.

Kesiapan tersebut ditandai dengan apel gelar pasukan di Pendopo Pemkab Pacitan pada Rabu (18/8/2021).

“Untuk Pasukan TNI dan Polri nantinya memberikan pemahaman kepada masyarakat, makanya pemahaman di masyarakat itu penting, dan selanjutnya baru kita akan memindahkan isolasinya (dari Isoman ke Isoter),”kata Komandan Kodim 0801/Pacitan Letnan Kolonel Kav Ibnu Khazim, Rabu (18/8/2021) di Pacitan.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan dengan isoter nantinya pasien dapat terpantau dan tidak menularkan kepada masyarakat lainnya.

“Kita bantu dalam pemindahannya dan dengan dipindah akan terpusat menjadi satu, dan kita bisa meyakinkan untuk tidak menularkan dengan orang lain,”tandasnya.

Selain itu, Dandim mengungkapkan dalam evaluasinya ia juga mengatakan selama isolasi mandiri belum maksimal terpantau, sehingga kesembuhan pasien belum optimal.

“Evaluasi selama isolasi mandiri itu masih belum terpantaunya pasien selama isoman, sehingga kesembuhan belum dapat dipantau,”jelasnya.

Dalam proses penerapan Isoter, Dandim mengatakan pihaknya melibatkan unsur TNI, POLRI dan dinas terkait untuk membawa kelokasi Isoter di Wisma Atlet Pacitan.

“Nantinya proses penjemputan juga melibatkan unsur TNI POLRI, dinas kesehatan, dan TRC BPBD,”pungkasnya.

Data yang dihimpun dari satgas COVID-19 Pemkab Pacitan, hingga Selasa (17/8/2021) kemarin masih ada penambahan jumlah pasien positif COVID-19 sebanyak 25 orang.

Sedangkan angka kesembuhan pada Selasa kemarin sebanyak 51 pasien sembuh, dan penambahan jumlah pasien meninggal dunia bertambah 2. Dengan demikian total kasus aktif pasien COVID-19 hingga saat ini sebanyak 350 orang.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan