Pengemudi Hilang Kendali, Mobil Avanza Jatuh ke Jurang di Jalur Pacitan-Tulakan

oleh -Dibaca 4.210 kali
Laka Lantas di jalur utama Pacitan-Tulakan pada Jumat (30/7/2021).(Foto: Istimewa/netizen)

Pacitanku.com, PACITAN – Kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) terjadi di jalur utama Pacitan-Tulakan, tepatnya di tanjakan di kawasan hutan nafas kami di RT/RW 4/III Dusun Dungkulan, Desa Mentoro, Pacitan pada Jumat (30/7/2021) sekitar pukul 08.00 WIB.

Laka lantas tabrak depan tersebut melibatkan tiga kendaraan, yakni kendaraan roda empat Toyota Avanza dengan nomor polisi B 1320 JUF, kendaraan roda dua Honda Beat dengan nomor polisi AE 6369 YG dan kendaraan roda dua Honda Vario.

Avanza yang dikemudikan oleh Suyoto, warga RT/RW 02/VI Dusun Tenggar, Desa Kluwih, Kecamatan Tulakan tersebut juga jatuh ke jurang sedalam 50 meter. Suyoto diduga hilang kendali sehingga mobil terpelanting jatuh ke jurang.

“Kronologi berawal ketika pengendara Honda Beat, Honda Vario dan Toyota Avanza melaju dari arah yang sama, yakni timur ke barat, dari arah Tulakan menuju ke Pacitan,”kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Pacitan AKP Budi Setiyono, Jumat siang.

Sesampai di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berupa jalanan tikungan menurun dan juga terdapat proyek talud di sekitar lokasi, Kasat Lantas menuturkan di depan kendaraan tersebut ada kendaraan truk engkel sarat muatan yang mengurangi kecepatan.

“Karena jarak yang dekat, dua sepeda motor tersebut hendak menyalip truk engkel, karena kaget, pengemudi Avanza yang dibelakang kendaraan roda dua membanting setir ke kanan dan tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya hingga masuk jurang sedalam 50 meter,”jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun satu pengemudi mengalami luka ringan dan korban sudah dibawa ke Puskesmas.

“Pengemudi Avanza, saudara Suyoto tidak mengalami luka dalam keadaan sadar. Sedangkan pengemudi roda dua saudara Aan mengalami luka ringan dan dalam keadaan sadar,”ungkapnya.

Sementara, kata Kasat Lantas, untuk mobil Avanza mengalami kerusakan berat akibat masuk jurang sedalam 50 meter.

“Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 25 juta, dan petugas sudah mendatangi TKP, memeriksa saksi-saksi di TKP, pengaturan lalu lintas dan juga membawa korban ke Puskesmas,”pungkasnya.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan