Pacitan Siapkan Wisma Atlet dan GOR untuk Tempat Isolasi Terpusat

oleh -Dibaca 553 kali
Bupati bersama Forkopimda Pacitan saat berada di wisma atlet mengecek kesiapan untuk tempat isolasi terpusat, Senin (26/7/2021). (Foto: Dok. Instagram @inb_indratanurbayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan Gugus Tugas (Satgas) penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan mempersiapkan dua lokasi menjadi tempat isolasi terpusat pasien COVID-19.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji usai meninjau dua lokasi tersebut bersama Dandim 0801/Pacitan, Sekretaris Daerah, Plt Kadinkes Pacitan dan BPBD Pacitan pada Senin (26/7/2021) kemarin.

“Dua tempat ini (GOR dan wisma atlet, red) menjadi pilihan yang akan dipersiapkan untuk tempat isolasi terpusat,”kata Bupati Aji dikutip dari laman instagramnya @inb_Indratanurbayuaji.

Menurut Bupati, dengan angka positif yang masih cukup tinggi dan angka penularan dalam keluarga yang meningkat, pemerintah harus siap dengan kondisi terburuk.

“Keberadaan tempat isolasi terpusat menjadi salah satu opsi bagaimana pemerintah dapat memberikan pelayanan yang lebih baik,”kata pria yang juga mantan Ketua DPRD Pacitan ini.

Selain itu, kata dia, persiapan lokasi isolasi terpusat tersebut bisa digunakan untuk memastikan isolasi dapat berlangsung dengan disiplin.

“Memastikan kondisi pasien lebih mudah dikontrol, penyiapan suplai obat-obatan dan oksigen yang lebih mudah, serta makanan dan suplemen yang lebih baik,”jelasnya.

Namun demikian, Bupati berharap rencana tersebut hanya langkah kesiapsiagaan yang tidak terjadi. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Semoga semua ini hanya berhenti dalam kesiapsiagaan kami dan tidak terjadi, Kuncinya adalah patuh dan disiplin protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak menghindari kerumunan,”pungkasnya.

Untuk diketahui, data yang dihimpun dari laman penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, terjadi lonjakan pasien positif COVID-19 harian pada Senin kemarin, yaitu sebanyak 102 pasien positif COVID-19. Sedangkan angka kesembuhan harian pada Senin kemarin sebanyak 41 dan penambahan pasien positif COVID-19 yang meninggal sebanyak 2 pasien.

Sehingga total kasus COVID-19 di Pacitan hingga Senin kemarin sebanyak 5.123 kasus, total kesembuhan 4.601, sebanyak 395 pasien dalam perawatan atau pemantauan dan total pasien meninggal akibat COVID-19 sebanyak 127 pasien. (red/DP)

Video PPKM Diterapkan, Bansos Diberikan, Semoga COVID-19 Bisa Dikendalikan