Antisipasi Kelangkaan Oksigen, Bupati Rencanakan Gelar Pengadaan Konsentrator Oksigen

oleh -Dibaca 493 kali
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat konferensi pers usai deklarasi dukung PPKM pada Senin (26/7/2021) di Pacitan. (Foto: Dok. Instagram/Inb_indratanurbayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Kebutuhan oksigen untuk pasien COVID-19 saat ini semakin meningkat seiring dengan bertambahnya kasus positif di Pacitan.

Saat ini, sejumlah upaya memang terus dilakukan, baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan maupun sejumlah elemen untuk mengantisipasi kelangkaan kebutuhan oksigen untuk pasien medis.

Setelah BPBD Pacitan sempat menggelar pengisian oksigen darurat, komunitas Karang Taruna (Katar) Pacitan juga terus berupaya membantu pengadaan oksigen di Pacitan.

Pemkab pun melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis di Pacitan, salah satunya yakni rencana melakukan pengadaan konsentrator oksigen.

“Beberapa persoalan yang sejauh ini menjadi kendala adalah keterbatasan tenaga kesehatan serta kelangkaan oksigen. Khusus pemenuhan oksigen Saya berencana untuk pengadaan konsentrat oksigen untuk mengantisipasi kelangkaan,”kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dikutip dari laman instagramnya, Senin (26/7/2021).

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono menyarankan Pemkab bisa mempertimbangkan menggunakan dana refoccusing untuk COVID-19 untuk membeli alat pengisian oksigen mandiri untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan.

 “Artinya juga ada pos belanja tidak terduga yang bisa kita gunakan untuk hal tersebut, sehingga disini apabila memang dari pemerintah daerah ingin menggunakan dana tersebut untuk membeli alat yang bisa mengisi tabung oksigen secara mandiri ya tentu saja akan kami dukung,”jelas dia, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, beberapa waktu lalu.

Video PPKM Diterapkan, Bansos Diberikan, Semoga COVID-19 Bisa Dikendalikan