Dewan Dukung Rencana Bupati Beli Konsentrator Oksigen untuk Pasien COVID-19

oleh -Dibaca 455 kali
Konsentrator Oksigen. (Foto: Shutterstock)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ririn Subianti mendukung rencana Bupati Pacitan membeli atau melakukan pengadaan konsentrator oksigen untuk pasien positif COVID-19.

“Kami setuju (rencana pengadaan konsentrator oksigen, red),”kata Ririn saat dihubungi Pacitanku.com, Selasa (27/7/2021).

Menurut Ririn, saat ini kebutuhan oksigen menjadi salah satu hal prioritas dalam penanganan COVID-19 di Pacitan.

“Langkanya oksigen juga perlu jadi perhatian pemerintah daerah, pengakuan keluarga pasien, di RSUD sempat kehabisan oksigen, sehingga menyebabkan saturasi, pasien semakin menurun dan bahkan ada yang sampai wafat,”jelas legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Lebih lanjut, Ririn mengungkapkan berdasarkan fakta-fakta di lapangan dalam beberapa pekan terakhir, ditemukan persoalan kelangkaan oksigen tersebut.

“Fakta di lapangan beberapa pekan terakhir, pasien positif COVID-19 ke Puskesmas meminta infus dan oksigen di rumah tidak bisa dilayani, karena SOP dan keterbatasan tenaga kesehatan dan sarana,”tandasnya.

Sementara saat hendak menuju ke Rumah Sakit (RS), Ririn mengatakan ada antrian di RS, sementara saturasi terus menurun. “Di sisi lain, Puskesmas tidak memenuhi standart pelayanan COVID-19,”tukasnya.

Saat ini, sejumlah upaya memang terus dilakukan, baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan maupun sejumlah elemen untuk mengantisipasi kelangkaan kebutuhan oksigen untuk pasien medis.

Ririn Subianti saat pelantikan anggota DPRD tahun 2019 lalu. (Foto: Istimewa)

Setelah BPBD Pacitan sempat menggelar pengisian oksigen darurat, komunitas Karang Taruna (Katar) Pacitan juga terus berupaya membantu pengadaan oksigen di Pacitan.

Pemkab pun melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis di Pacitan, salah satunya yakni rencana Bupati melakukan pengadaan konsentrator oksigen.

Konsentrator oksigen sendiri adalah jenis perangkat medis yang digunakan untuk menyuplai oksigen ke pasien dengan gangguan pernapasan. Alat ini hanya bisa digunakan dengan pengawasan serta resep dari dokter.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono menyarankan Pemkab bisa mempertimbangkan menggunakan dana refoccusing untuk COVID-19 untuk membeli alat pengisian oksigen mandiri untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan.

Sebagai informasi, data yang dihimpun dari laman penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan per Selasa (27/7/2021), ada penambahan kasus harian sebanyak 128 kasus. Sedangkan kesembuhan per Selasa hari ini sebanyak 122 kesembuhan dan angka harian kematian bertambah 5 kasus.

Dengan demikian total pasien yang saat ini dirawat atau dipantau sebanyak 396, total kesembuhan 4.723 dan total kematian bertambah menjadi 132 kasus.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video PPKM Diterapkan, Bansos Diberikan, Semoga COVID-19 Bisa Dikendalikan