Pengelolaan Kawasan Mojensu Bisa Dongkrak Pariwisata Pacitan

oleh -Dibaca 645 kali
Ratusan taruna TNI berada di markas gerilya Jenderal Soedirman, Kamis (12/12/2019). (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN — Pengelolaan kawasan Monumen Jenderal Soedirman (Mojensu) di Desa Pakis Baru Kecamatan Nawangan, akan mendongkrak pariwisata Pacitan, utamanya di wilayah Kecamatan Bandar dan Nawangan.

“Monumen Jenderal Soedirman itu kan letaknya strategis, artinya begini yang pertama, di Indonesia tidak ada lagi Monumen Sudirman, karena beliau dari 6 bulan perjuangannya, 3 bulan di Pakis Baru tadi merupakan satu poin plus,”kata Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Senin (19/7/2021) di Pacitan.

Yang kedua, Ronny mengatakan kawasan tersebut berbatasan dengan Jawa Tengah sehingga nanti bisa menarik wisatawan Jawa Tengah untuk ke Pacitan sehingga bisa mendatangkan uang untuk Kabupaten Pacitan.

“Dan yang ketiga ini setiap tahun juga kita ketahui dari TNI kan juga mengadakan napak tilas, itu menjadi salah satu poin penting juga, jadi kami harapkan nanti ke depan itu bisa dibuka untuk umum,”kata legislator Partai Demokrat ini.

Bahkan, kata dia, di belakang itu dibangunkan penginapan-penginapan oleh kementerian PU PR, sehingga hal itu bisa menambah durasi menginap wisatawan.

“Wisatawan itu kan juga akhirnya tidak hanya datang 1 hari tapi juga menginap,”tandas dia.

Di sisi lain, imbuhnya, selain kawasan Mojensu, lokasi wisata di Nawangan dan Bandar itu juga banyak yang perlu dibangun.

“Seperti halnya kemarin ada air terjun juga itu juga ada di sekitaran  Monumen Sudirman, itu cuma kan belum dibuka untuk umum, nanti kalau ketika Mojensu sudah dibuka, akhirnya yang lain itu nanti bisa membuka gitu,”paparnya.

Pemerintah, kata Ronny, juga bisa mulai membuat konsep agrowisata untuk menunjang pengelolaan kawasan Mojensu.

Sehingga, pengelolaan Mojensu, imbuh Ronny, merupakan pintu gerbang, sehingga dari sana nanti baru menyebar ke wisata yang lain.

“Tinggal wisatawan yang datang itu nanti akhirnya bisa ke lokasi yang lain mungkin disana kita adakan kayak Magetan kayak batu kayak agrowisata semacam itu jadi ada penanaman janggelan, prosesnya bagaimana sehingga masyarakat juga bisa melihat dan sebagainya,”jelas dia.

Secara khusus, Ronny mengapresiasi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang telah membentuk tim khusus dalam menyelesaikan proyek Mojensu (dan proyek pelabuhan Gelon).

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Pacitan yang telah membentuk tim yang dikomandani oleh Bapak Wakil Bupati Pacitan untuk penyelesaian dua proyek tersebut,”tandas Ronny.

Sehingga, kata dia, pihaknya menyerahkan kepada tim khusus yang dipimpin oleh Wabup Gagarin tersebut.

“Jadi sampai sejauh mana monggo kami serahkan kepada tim tersebut, dimana sudah keluar dana APBD untuk dua lokasi tersebut (pelabuhan Gelon dan Mojensu) sehingga kami harapkan ya dana rakyat ini bisa termanfaatkan dengan sebaik-baiknya,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan