Nakes Terpapar Bertambah, IGD RSUD dr Darsono Ditutup Sementara

oleh -Dibaca 1.910 kali
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono untuk sementara waktu ditutup. Kepastian ini disampaikan oleh direktur RSUD dr Darsono dr Iman Darmawan.

“IGD RSUD dr Darsono Pacitan tutup bagi siapapun, karena banyak tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar, sementara jika ada pasien gawat darurat di rujuk ke rumah sakit swasta,”kata dr Iman Darmawan, saat dihubungi Pacitanku.com, Senin (5/7/2021) di Pacitan.

Keputusan penutupan tersebut juga disampaikan manajemen RSUD dr Darsono Pacitan melalui surat dengan nomor 445/1032/408.51/2021 yang ditujukan kepada Bupati, Kapolres dan Dandim Pacitan.

Dalam surat tersebut, dr Iman Darmawan mengatakan alasan penutupan sementara IGD RSUD dr Darsono.

“Sehubungan dengan berlangsungnya masa pandemi dan meningkatnya jumlah pasien COVID-19, serta dengan bertambahnya jumlah tenaga kesehatan RSUD dr. Darsono yang terkonfirmasi positif COVID-19, maka saat ini kami perlu melakukan koordinasi internal sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di RSUD dr Darsono Pacitan,”demikian kata dr Iman Darmawan dalam surat tersebut.

“Sehubungan dengan hal tersebut maka kami sampaikan bahwa Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Darsono akan melakukan penutupan sementara selama 2 kali 24 jam berlaku mulai hari Senin tanggal 5 Juli 2021 pukul 12.00 WIB sampai dengan hari Rabu tanggal 7 Juli 2021 pukul 12.00 WIB,”imbuh dr Iman Darmawan.

Data yang dihimpun dari laman penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, ada penambahan sebanyak 27 pasien positif COVID-19 dan 1 pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif pada Ahad (4/7/2021) kemarin.

Sementara jumlah kesembuhan pada hari Ahad bertambah 17 pasien sembuh. Sehingga total pasien aktif hingga saat ini di Pacitan sebanyak 151 pasien.

Pewarta: Julian Tondo Wisudo
Editor: Dwi Purnawan