Dompet Dhuafa Jatim Gelar Jelajah Kandang 750 Kambing Kurban di Madiun

oleh -Dibaca 236 kali

Pacitanku.com, MADIUN — Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur menggelar agenda jelajah kandang kambing kurban di DD Farm pada Selasa (29/6/2021) di Desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.

Kepala cabang DD Jawa Timur Kholid Abdillah dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Selasa siang di lokasi acara menuturkan, kegiatan itu merupakan bagian dari upaya DD untuk menyosialisasikan DD farm  yang merupakan kandang ternak kambing jenis domba terbesar yang dimiliki oleh DD Jatim.

“Disini ada sekitar 750 kambing kurban yang siap didistribusikan kepada masyarakat pada saat Idul Adha nanti, khususnya di Jatim bagian barat, namun sebelum kurban disebar, terlebih dahulu dilakukan penggemukan di DD Farm tersebut, kurang lebih 4 sampai 5 bulan sebelumnya,”kata dia.

Dalam proses penggemukan tersebut, Kholid mengatakan ada tim kandang yang mengontrol perawatan kambing untuk dijadikan kurban tersebut.

“Untuk sistem pangan kita juga tidak menggunakan rumput tetapi pangan kering seperti fermentasi, tetes dan sejumlah bahan lain untuk lebih memudahkan dalam perawatannya,”jelas dia.

Lebih lanjut, Kholid mengatakan untuk mekanisme penyaluran hewan kurban tersebut, nanti akan diserahkan di masing-masing daerah untuk disalurkan kepada masyarakat.

“Misalnya di Pacitan, kita salurkan hewan kurban, lalu disembelih disana dan disalurkan kepada warga masyarakat yang benar-benar membutuhkan,”ungkapnya.

Selain penggemukan untuk hewan kurban, Khalid mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan akan melanjutkan program pemberdayaan tersebut dengan sistem brieding atau peranakan.

Sementara, Kepala kandang DD Farm Eko Hari Prasetyawan dalam keterangannya mengatakan dalam perawatannya, pihaknya melibatkan 4 pengelola kandang yang bertugas untuk merawat ratusan kambing tersebut selama masa penggemukan.

“Setelah masa penggemukan dan saatnya menjelang Idul Adha, ratusan kambing tersebut kemudian didistribusikan ke daerah-daerah,”pungkasnya.

Acara yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat ini juga menghadirkan para pegiat media sosial atau influencer di se-eks karesidenan Madiun raya.

Selain melihat ratusan kambing di DD farm, peserta juga melihat wisata sapi perah kerjasama DD Jatim dengan Pemkab Magetan di Singolangu, Magetan.

Pewarta: Dwi Purnawan