Kondisi Gubernur Khofifah Dalam Keadaan Sehat Meski Kembali Terpapar COVID-19

oleh -Dibaca 450 kali
Gubernur Khofifah saat berkunjung ke Pacitan, Ahad (18/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan tes usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR) pada Jumat (25/6/2021).

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Heru Tjahjono memastikan, bahwa kondisi Khofifah saat ini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Hal itu disampaikan Heru setelah orang nomor satu di Jatim itu dinyatakan positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) melalui hasil tes Swab PCR oleh RSUD dr. Soetomo Surabaya. 

“Ibu Gubernur dalam kondisi sehat tanpa menunjukkan gejala apapun. Bahkan tingkat antibodinya dinyatakan cukup tinggi oleh tim laboratorium RSUD dr Soetomo yakni 275 U/ml yang artinya sudah cukup tinggi untuk mencegah gejala Covid-19 yang berat,” ujar Heru Tjahjono di sela-sela meresmikan Rumah Isolasi Mandiri Pemprov Jatim di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (25/6/2021) dikutip dari laman Diskominfo Jatim.

Menurut Heru, saat ini, Gubernur Khofifah sedang melakukan isolasi mandiri (Isoman). Rencananya, mantan Menteri Sosial RI itu akan melakukan Swab ulang pada Senin 26 Juni 2021 mendatang.

“Mohon doanya, agar hasil Swab nya negatif sehingga kondisinya lekas membaik,” pesannya. 

Meski Gubernur dinyatakan positif COVID-19 berstatus OTG, Heru Tjahjono memastikan bahwa roda pemerintahan tetap berjalan lancar.

Bahkan, lanjut Heru, Gubernur Khofifah terus melakukan rapat evaluasi bersama Forkompinda Jatim dan jajarannya terkait penanganan COVID-19 di Jatim secara virtual work from home.

Sebelumnya, melalui Instagram resminya yang dikutip Pacitanku.com, Jumat kemarin, Khofifah mengonfirmasi kembali terjangkit COVID-19.

“Pagi ini (Jumat, red) saya menyampaikan sambutan sertijab Bupati Tuban secara virtual. Berdasarkan hasil PCR swab test yang dilakukan tim RSUD dr Soetomo Kota Surabaya pada, Kamis (24/6/2021) tadi malam dan pagi ini hasilnya keluar, saya dinyatakan positif COVID-19,” ujarnya.

Menurut Khofifah, kondisi kesehatannya baik, tanpa menunjukkan gejala apapun.

“Saya tetap tertular Covid-19 meski tes antibodi empat hari lalu dinyatakan tingkat antibodi saya mencapai 275 U/ml, yang artinya sudah cukup tinggi untuk mencegah gejala Covid-19 yang berat. Namun demikian, sesuai dengan prosedur kesehatan, saya akan melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif,” katanya.

Kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, Khofifah memohon dengan sangat untuk selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Virus ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Jangan lengah dan jangan anggap sepele. Mohon doa agar saya bisa kembali sehat dan beraktivitas seperti sedia kala. Maturnuwun,” pungkasnya. (DP)

Video Khofifah Apresiasi Penanganan Corona di Pacitan