Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, RSUD dr Darsono Pacitan Siapkan Tambahan Kamar Rawat Inap

oleh -Dibaca 1.069 kali
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITANRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono Pacitan menyiapkan tambahan kamar rawat inap untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD dr Darsono Pacitan dr Daru Mustikoaji, lonjakan pasien sendiri di RSUD dr Darsono Pacitan terjadi sejak bulan Mei lalu.

“Untuk lonjakan dari bulan Mei ada peningkatan, bulan kemarin ada 78 pasien yang dirawat, kalau sekarang sudah 151 pasien per tanggal 25 Juni 2021,”kata dr Daru, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Jumat (25/6/2021).

Atas kondisi tersebut, pihak RSUD dr Darsono akan menyiapkan ruang atau kamar rawat inap untuk mengantisipasi lonjakan pasien.

“Untuk ruang tidak sekaligus buka, ada 4 paviliun tapi tidak semua buka, ini masih ada geseran-geseran nanti kalau masih ndak buka,”jelasnya.

Dari total pasien yang dirawat di RSUD dr Darsono, dr Daru mengatakan mayoritas merupakan penyitas COVID-19 baru dan sebagian kecil disertai komorbid atau penyakit penyerta.

“Iya mas (wartawan, red) karena adanya peningkatan kasus, ya kita masih aman masih (zona) oranye. Kalau di lihat dari data ini pasien baru dan ada juga yang komorbid,”jelas dia.

Namun demikian, Daru memastikan hingga saat ini kapasitas bed pasien masih dalam batas aman, karena masih 50 persen.

“Kalau hitungannya ini, kapasitas 90 pasien dan baru terisi 46 bed, artinya masih ada 50 persen ruang di RSUD,”pungkasnya.

Informasi dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, pada Jumat (25/6/2021) terjadi penambahan 23 pasien positif COVID-19.

Sedangkan jumlah pasien sembuh per Jumat ini adalah 12 orang. Dengan demikian, per Jumat (25/6/2021), jumlah pasien positif COVID-19 yang masih dipantau atau dirawat di Pacitan sebanyak 123 pasien.

Sementara jumlah total pasien sembuh sejak kasus COVID-19 pertama di Pacitan adalah 3.228 orang yang telah sembuh.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Pacitan Kebut Vaksinasi Guru