KPU RI Apresiasi Penerbitan Buku Putih Pilbup Pacitan dan Bungai Rampai Pilbup

oleh -Dibaca 158 kali
Komisioner KPU RI saat menjadi narasumber dalam bedah buku KPU Pacitan, Rabu (16/6/2021). (Foto: tangkapan layar Youtube KPU Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengapresiasi penerbitan dua buka terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Pacitan 2020.

Hal itu disampaikan oleh Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi saat menjadi narasumber dalam launching edah Buku Putih Pilbup Pacitan 2020 dan Bunga Rampai Pilbup Pacitan oleh KPU Pacitan yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (16/6/2021).

“Apa yang dilakukan KPU Kabupaten Pacitan dengan menerbitkan buku ini menjadi satu langkah bagus,”jelas Dewa.

Menurut Dewa, dua buku tersebut memiliki kualitas yang baik. Hal itu,kata dia, karena buku putih Pilbup Pacitan tersebut mampu menceritakan proses pemilihan bupati dan wakil Bupati Pacitan dengan runut dan detail.

“Model penulisan dalam buku juga singkat, padat dan jelas untuk dipahami. Desainnya pun sudah bagus,”katanya.

Selain itu, buku “Bunga Rampai Pilbup Pacitan” kata Dewa, juga cukup menarik karena para penulis mampu berkontribusi menyampaikan pemikirinnya terkait dinamika Pilbup Pacitan yang terjadi di lapangan.

Secara khusus, Dewa juga mengap mengapresiasi penyelenggara Pilkada di Jawa Timur yang mampu menjawab tantangan penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2020 yang relatif berjalan lancar.

“Tidak ada permasalahan yang signifikan, dan tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU). Tentu proses penyelenggaraan dan pengalaman-pengalaman yang ada ini penting untuk diinventarisasi, kemudian menjadi bahan kajian dan masukan untuk (Pemilu) 2024,”pungkasnya.

Sementara, Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini dalam sambutannya mengatakan dua buku tersebut isinya adalah seputar pelaksanaan Pilbup Pacitan dan berbagai dinamikanya.

“Kalau buku putih itu hal-hal terkait Pilbup Pacitan, sedangkan bunga rampai Pilbup Pacitan itu adalah tulisan dari badan adhoc, seperti PPK dan relawan relawan demokrasi, tentu kaya informasi, selain informasi juga kaya kegiatan hal-hal yang mereka lakukan dalam pelaksanaan tahapan kemarin dilakukan,”paparnya.

Secara khusus, Rini mengaku dirinya bangga akhirnya KPU Pacitan bisa meluncurkan dua buku tersebut sebagai bagian dari perjalanan kegiatan demokrasi Pilbup Pacitan.

“Kami bangga bisa melaunching dua buku, sudah lama sebenarnya kita rencanakan hal ini, tentu ini adalah dukungan banyak pihak, baik dari KPU RI, KPU Jatim, banyak mensupport kami, baik selama kegiatan pilbup kemarin maupun sampai terakhir ini kita lakukan launching dua buku ini, dan kami berharap nanti bapak ibu sekalian bisa menikmati kegiatan ini dengan baik,”pungkasnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan 6 narasumber, yaitu anggota KPU RI I Dewa Wiarsa Raka Sandi, Ketua KPU Jawa Timur Khoirul Anam, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Ainur Rohim, anggota KPU Pacitan Eko Setiawan, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Donorojo Wildan Nur Swi Harmoko dan Nasikun Amin yang merupakan relawan Demokrasi Pacitan.