Bupati Aji Apresiasi Semangat Gotong Royong Masyarakat Pacitan

oleh -0 Dilihat
Letakkan batu pertama. Bupati Aji saat meletakkan batu pertama pembangunan masjid di Pacitan pada Kamis malam. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi rasa kebersamaan dan gotong royong masyarakat Pacitan. Hal itu disampaikan Bupati Aji saat meresmikan Masjid Al Ikhlas di Lingkungan Gantung Kelurahan Pacitan, Kamis (10/6/2021) malam.

Selain meresmikan masjid, Bupati juga melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Madin Al Ikhlas di kompleks masjid. Orang nomor satu di Pacitan itu juga menyerahkan bantuan uang untuk pembangunan madrasah.

Tempat ibadah yang berdiri megah tersebut sebagian besar dana pembangunannya berasal dari swadaya masyarakat. Padahal, masjid yang sudah tiga kali direnovasi itu menghabiskan anggaran lebih dari Rp1 miliar.

“Jadi ternyata semangat kebersamaan atau swadaya masyarakat itu lebih tinggi dibanding bantuan dari APBD,”kata Bupati Aji, seperti dikutip dari laman humas Pemkab Pacitan.

Dengan anggaran pembangunan mencapai sebesar itu, wajar jika Bupati memberikan pujian. Karena, mengandalkan bantuan dari pemerintah tidak mungkin cukup.

Pada tahun ini saja, Pemkab hanya mampu mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,3 miliar lebih dari APBD. Dana tersebut sudah teralokasikan untuk pembangunan dan renovasi 131 masjid dan mushola.

Untuk itu, Bupati Aji mendorong masyarakat tetap mempertahankan budaya goyong royong ini guna mendukung pembangunan di Kabupaten Pacitan. Bantuan dari pemerintah hanyalah bersifat stimulan.

Terlebih dalam situasi pandemi seperti saat ini pemerintah terpaksa melakukan refocusing anggaran untuk penanganan dan pencegahan COVID-19. “Modal sosial seperti ini sangat membantu pemerintah untuk bersama membangun Pacitan,”pungkasnya. (red)