Ini Tips Bumil Sehat Dari Ketua Tim Penggerak PKK Pacitan Efi Suraningsih

oleh -1 Dilihat
TIPS BUMIL SEHAT. Ketua TP PKK Efi Suraningsih saat berbincang dengan ibu-ibu di Kecamatan Bandar pada Senin (24/5/2021). (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pacitan Efi Suraningsih membagikan tips sehat kepada para ibu hamil (Bumil) di Desa Bandar Kecamatan Bandar pada Senin (24/5/2021).

Istri Bupati Pacitan itu dengan penuh semangat mengajak para ibu hamil untuk menjaga hati dan pikiran untuk tidak stres demi menjaga kandungan.

“Ibu kalau hamil harus bahagia biar makannya enak, makan yang bergizi agar kehamilan kuat dan sehat,”katanya, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Ibu dari Pinayung Baskara Putri Azzahra itu berharap orang tua terutama ibu memperhatikan tumbuh kembang anak. Memberi gizi yang berimbang mulai dari masa kehamilan, balita hingga dewasa.

Hal ini, menurut Efi, penting agar anak tumbuh sehat sehingga tidak ada lagi kasus stunting. Yaitu, suatu kondisi  gagalnya tumbuh kembang anak yang menyangkut pertumbuhan tubuh dan otak disebabkan oleh kekurangan gizi dalam waktu lama.

Masalah stunting, menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, bukan hanya menjadi masalah ibu hamil tapi masalah bersama.

Namun demikian, memutus mata rantai stunting dapat dimulai dari para ibu. Yakni, dengan mempersiapkan dan menjaga kehamilan untuk tetap sehat sampai melahirkan. Generasi berikutnya harus tahu apa dan kenapa ada stunting agar kasus serupa tidak terjadi lagi.

“Saya mohon setelah melahirkan tolong jangan abaikan anak berikan ASI yang cukup,”ujarnya lagi.