Gayengnya Duta Seni Pacitan Hibur Masyarakat Rantau Pacitan di Anjungan Jatim TMII

oleh -10440 views
HIBUR WARGA RANTAU. Tari Tirta Nirmala menghibur warga Pacitan di Jabodetabek pada Ahad (23/5/2021). (Foto: Tangapan layar Youtube Anjungan Jatim TMII)

Pacitanku.com, JAKARTA – Masyarakat Pacitan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mendapatkan sajian suguhan seni budaya bertajuk Pergelaran tari, lagu daerah, guyon maton, campursari dan drama tari “Songsong Agung Kapyuran” pada Ahad (23/5/2021) di anjungan Jatim Taman Mini Indonesia Indah (TMII), DKI Jakarta.

Selain di lokasi langsung, kegiatan tersebut juga ditayangkan secara langsung melalui live streaming youtube Anjungan TMII Jatim.

Yang cukup menghibur, pada kegiatan yang menghadirkan sanggar tari Kridha Rahayu Ngadirojo dan grup musik Komunitas Seniman Musik Pacitan (SAMPAN) ini menghadirkan sejumlah seni tari Pacitan, seperti tari Driji Sinangkling, tari Tirta Nirmala, tari Nyi Brontok, drama tari Songsong Agung Kapyuran dan lagu khas Pacitan.

Kegiatan promosi seni budaya tersebut merupakan kerja sama antara badan penghubung daerah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Pacitan Daryono yang hadir mewakili Bupati Pacitan mengatakan para penampil dalam kegiatan tersebut adalah para anak-anak SLTA dengan konsep kolaborasi budaya klasik dan modern.

“Mereka adalah duta seni Pacitan bergiliran, ujung barat, tengah, dan tahun ini dari Ngadirojo dan Sudimoro semuanya anak-anak SLTA, 1-2 dari perguruan tinggi (PT) yang berkolaborasi budaya klasik dan modern, ini hasil karya adik-adik kita di SMA Ngadirojo,”kata Daryono dalam sambutannya seperti dikutip dari laman Youtube Anjungan TMII Jatim.

Sementara, Ketua Paguyuban Warga Pacitan (PWP) Soedibyo Ali Moeso mengatakan kegiatan ini digelar secara terbatas, dan tidak mendatangkan banyak pemirsa dikarenakan kondisi pandemi.

“Ini mohon maaf masih pandemi, sehingga saya bersama terpaksa membatasi peserta, sebenarnya bisa membludak, dulu waktu pak SBY minta temu kangen bisa 10 ribu, ini mohon maaf ini, kita terpaksa membatasi, kita ingin menjaga protokol kesehatan, kalau ini kita lepas penuh, Pacitan yang datang itu tanpa diumumkan itu banyak, itu kelebihan orang Pacitan adalah guyub rukun saklawase, luar biasa,”paparnya.

Perwakilan dari Anjungan Jatim TMII Jakarta, Samad Widodo mengapresiasi digelarnya kegiatan pentas seni budaya dari Pacitan tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih Pemerintah Kabupaten Pacitan yang pada hari ini telah memenuhi jadwal nya mengisi kegiatan dalam rangka mengedepankan revitaliasi anjungan daerah untuk promosi seni budaya, yang pada hari ini adalah Pacitan waktunya, kami memberikan fasilitasi seni budaya di Indonesia, ini bentuk komitmen Pemprov dan Pemkab,”jelasnya.

Secara khusus, Samad juga memuji keindahan semua potensi yang ada di Pacitan, baik potensi daerah, alam, dan budayanya.

“Alam sudah jelas, tidak salah Pacitan mendapat julukan the paradise of java, pantai yang bagus, 1000 goa, seniman pun luar biasa, mulai kemarin sampai hari ini luar biasa, kesenian ini tidak melulu kesenian tradisi tapi dipadukan dengan kesenian modern, ini bentuk inovatif yang ada di daerah, untuk SDM Pacitan saya yakin luar biasa, tokoh-tokoh dari Pacitan yang luar biasa kita kumpulkan disini,”jelasnya.

Turut hadir sejumlah tokoh nasional dari Pacitan dalam kegiatan itu, diantaranya anggota DPR RI Sartono, Sudibyo Ali Moeso, Soeroso Ali Moeso, Sutarto Ali Moeso dan akademisi Soeprijanto. Selain itu turut hadir PWP dan juga Asosiasi Pengusaha dan Pekerja Jasa Binatu (APPJABI) Pacitan. (red)