Sore ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat untuk Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H

oleh -0 Dilihat
Rukyat Hilal Indonesia. (Foto : Antara)
Rukyat Hilal Indonesia. (Foto : Antara)

Pacitanku.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar sidang isbat untuk penetapan awal bulan Syawal 1442 Hijriyah di Kantor Kementerian Agama pada Selasa (11/5/2021).

“Pada 29 Ramadhan bertepatan hari Selasa, 11 Mei 2021, Kementerian Agama akan kembali melaksanakan sidang isbat yang terdiri dari tiga rangkaian acara,”ujar Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamaruddin Amin, seperti dikutip dari situs Kemenag RI pada Selasa siang.

Menurut Kamaruddin, rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal yang disampaikan oleh Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya.“Diikuti secara luas melalui live streaming Kementerian Agama dan mengundang anggota DPR, ormas-ormas Islam, MUI, duta besar dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19,”jelas dia.

Selanjutnya yang kedua, setelah paparan dilakukan dan mendapatkan informasi tentang posisi hilal, Kamarudin mengatakan kegiatan dilanjutkan dengan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama KH Yaqut Cholil Qoumas.

“Insya Allah, sidang isbat setelah Salat Magrib dipimpin oleh Menteri Agama bersama ormas lain, MUI, Komisi VIII DPR yang dilaksanakan secara tertutup dan terbuka,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut dia, diambil keputusan terkait awal bulan Syawal 1442 Hijriyah. Setelah ada keputusan, Menteri Agama akan menyampaikan kepada publik usai Salat Isya.

“Kita berdoa semoga semua berjalan lancar. Insya Allah kita melaksanakan Idul Fitri 1442 Hijriyah setelah mendapatkan informasi dan keputusan dari pemerintah,”pungkasnya.