Hasil Sidak Bupati, Pasar Tradisional Terpantau Landai Tiga Hari Jelang Lebaran

oleh -Dibaca 142 kali
SIDAK. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji sidak di pasar tradisional pada Senin (10/5/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kondisi sejumlah pasar tradisional di wilayah Pacitan kota, yakni pasar Arjowinangun dan pasar Minulyo terpantau landau tiga hari jelang Lebaran. Kondisi itu terpantau saat Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji melakukan sidak di kedua pasar tersebut pada Senin (10/5/2021).

Meski ada peningkatan pengunjung dibanding hari biasa, namun tidak sampai menimbulkan kepadatan. Padahal, setiap menjelang hari raya dua pusat niaga terbesar di Pacitan itu selalu menjadi jujugan warga yang ingin berbelanja kebutuhan lebaran.

“Sampai siang pasar masih sepi mungkin ini efek dari kebijakan pembatasan pemudik dibeberapa tempat,”kata Bupati Aji, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Bupati mengakui, adanya kebijakan larangan mudik memberi pengaruh terhadap mobilitas masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri.

Kepadatan masyarakat di pusat pusat perbelanjaan menjadi sedikit terurai  sehingga protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik.

Bupati Aji juga mengapresiasi kepatuhan warga yang selalu menggunakan masker  saat beraktifitas di pasar.

“Saya  imbau kepada masyarakat jika ingin berbelanja  untuk mencari waktu-waktu senggang untuk mengurangi kerumunan,”ujarnya.

Di sisi lain, secara umum hingga H-3 lebaran, stok dan harga kebutuhan pokok di pasaran Pacitan aman. Ada beberapa komoditas yang harganya naik namun tidak signifikan.

Khusus untuk daging baik daging sapi maupun ayam naik kisaran Rp.10 ribu dibanding hari biasa.

Menurut Suprapti, salah satu pedagang daging ayam di Pasar Arjowinangun,  kenaikan harga daging terjadi sejak 10 hari terakhir Ramadhan. Dimana, banyak warga masyarakat yang membutuhkan daging untuk tradisi maleman. (red)