Dinsos Pacitan Sempurnakan Makam Seorang Prajurit TNI di TMP Bunga Bangsa

oleh -Dibaca 140 kali
Kadinsos Pacitan saat membantu menyempurnakan makam seorang prajurit TNI, Kamis siang. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan pemnyempurnaan tempat pemakaman seorang prajurit TNI pada Kamis (15/4/2021) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bungan Bangsa Pacitan.

Dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Sosial Pacitan Sunaryo didampingi Kabid Penanganan Fakmis Dan Pemberdayaan Sosial Subiyanto memasang secara simbolis nisan bertuliskan nama jenazah yang dimakamkan di TMP Bunga Bangsa tersebut.

Menurut keterangan kasi keperintisan dan Pemeliharaan TMP Dinsos Dwi Andonowati mengatakan penyempurnaan makam itu ditandai dengan dengan pemasangan nisan bertuliskan prajurit yang wafat dan mendapat rekomendasi dari Komandan Kodim 0801/Pacitan beberapa waktu lalu.

“Adapun prajurit yang wafat 26 Agustus 2019 silam itu adalah Lettu Mispandi beralamat tinggal di dusun Krajan Desa Purworejo, Pacitan, Lettu Mispandi sebeĺumnya mengalami sakit cukup lama semasa purna tugas. Karena dia memiliki sejumlah penghargaan dari satuan semasa ia bertugas dan legiun veteran, menjadikan almathum bisa dimakamkan di TMP,”kata Dwi.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan pemasangan nisan oleh Kadinsos sesuai dengan tugas fungsi dinas sosial sebagai OPD yang memiliki tugas mengelola merawat dan menjaga TMP sebagai salah satu tupoksi Dinas Sosial.

“Adapun alokasi dana pengadaan nisan dan kelengkapan makam berasal dari APBD Kab Pacitan TA 2021,”ujarnya,

Sementara, Kabid Penanganan Fakmis Dan Pemberdayaan Sosial Subiyanto selaku bidang yang membidangi pemeliharaan TMP Pacitan mengatakan dengan pemakaman almarhum Lettu Mispandi ini menggenapi jumlah pahlawan dan pejuang maupun tentara yang dimakamkan berdampingan dengan tempat pemakaman almarhum Soekotjo, ayah kandung presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menjadi 97 personil.

“Almarhum bapak Soekotjo sendiri dimakamkan di TMP ini berada di nomor urut 46b, sedang almarhum Mispandi berada di nomor urut 97 untuk pemakaman tahun 2020,”tandasnya,

Secara khusus Subiyanto mengatakan bagi masyarakat atau keluarga para prajurit yang ada di TMP membeberkan mekanisme perizinan ziarah di TMP Bunga Bangsa.

“Jika hendak berziarah atau mengadakan upacara cukup memberitahuan secara tertulis ke Dinas Sosial saja sudah cukup. Kemudian saat selesai melakukan ziarah berkenan mengisi buku tamu TMP yang disiapkan staf pemelihara TMP. Jika terkait dengan pemakaman prajurit itu domainnya TNI dan Dewan Harian Cabang Legium Veteran Kabupaten Pacitan,”pungkasnya. (red)