Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Tradisional Jatim, Pacitan Patok Target 5 Besar

oleh -Dibaca 473 kali
Tengku Andi Faliandra Kadisparpora Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Pekan olahraga tradisional se-Jawa Timur tahun ini digelar di Kabupaten Pacitan yang berlangsung pada pekan ke-3 bulan Juni 2021 mendatang. Agenda yang sempat tertunda akibat pandemi itu akan dipusatkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan T Andi Faliandra menyambut baik diselenggarakannya event tahunan untuk pelestarian olahraga tradisional yang merupakan warisan budaya bangsa tersebut.

“Ini adalah awal yang cukup baik bagi pariwisata di Pacitan, ada perputaran ekonomi selama kegiatan 3 hari 2 malam tersebut,”kata pria yang akrab disapa Andi ini, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan, Kamis (8/4/2021).

Lebih lanjut, Andi mengatakan dalam penyelenggaraan ini memastikan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain menerapkan 3 M, seluruh atlet maupun official harus membawa surat vaksin atau swab.

Pada ajang tahun-tahun sebelumnya, terdapat lima olahraga tradisional yang dilombakan. Yakni, hadang putri, dagongan putri, egrang putra, terompah panjang putra, dan sumpitan putra. Namun pada tahun ini Pemprov Jatim menambahkan satu cabang yang dilombakan.

Disparpora Pacitan memastikan kontingen abupaten Pacitan akan mengikuti seluruh cabang tersebut.

Selain itu, Disparpora juga menargetkan Pacitan bisa masuk lima besar Provinsi pada momen pekan olahraga tradisional tahun ini.

“Sudah saya perintahkan FORMI Pacitan untuk mempersiapkan atlet terbaiknya, walaupun tidak mematok juara umum namun setidaknya kita harus masuk 5 besar,”jelasnya.

Adapun, sejumlah permainan rakyat yang sudah cukup dikenal masyarakat di Indonesia dan menjadi olahraga tradisional di antaranya egrang, terompah panjang, patok lele, gobak sodor (hadang), sumpitan, gebuk bantal, gasing, lari balok, tarik tambang, benteng, dagongan, panjat pohon pinang, sepak raga, lomba perahu, lompat batu nias, dan karapan sapi. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.