STKIP PGRI Pacitan Gandeng Pacitanku Kerjasama Pemberdayaan SDM

oleh -Dibaca 166 kali
GALANG KERJASAMA. STKIP PGRI Pacitan bersama Pacitanku bekerja sama pengembangan SDM, Senin (5/4/2021) di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan menggalang Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama dengan media online Pacitanku.com di sektor pemberdayaan sumber daya manusia (SDM).

Penandatanganan naskah Mou tersebut dilaksanakan pada Senin (5/4/2021) di kampus STKIP PGRI Pacitan, Jalan Cut Nyak Dien nomor 4 A, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

Adapun penandatangan naskah MoU dilakukan oleh Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr Mukodi didampingi Wakil Ketua III STKIP PGRI Pacitan Saptanto Hari Wibawa dan Ketua Program Studi (Prodi) PBSI Arif Mustofa. Sementara dari Pacitanku.com diwakili oleh Dwi Purnawan.

Adapun ruang lingkup kerjasama antara institusi pendidikan yang mengusung jargon kampus pendidik dengan salah satu media online di Pacitan tesebut diantaranya adalah mengikutsertakan SDM dari STKIP PGRI Pacitan yang sesuai dengan bidangnya dalam kegiatan jurnalisme.

Kemudian, yang kedua adalah bekerja sama dalam menyelenggarakan pelatihan, workshop, seminar dan lain sebagainya di bidang jurnalisme. Kemudian yang ketiga adalah pertukaran SDM dalam rangak pengembangannya.

Salah satu bentuk kerjasama itu adalah pelatihan jurnalistik untuk puluhan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang digelar pada Senin (5/4/2021).

Workshop tersebut adalah pembekalan untuk mahasiswa yang menjalankan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) tersebut.

Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr Mukodi dalam sambutannya berharap para mahasiswa mampu mengambil manfaat dari kegiatan workshop jurnalistik sebagai bagian dari pembukaan PKL tersebut.

“Kepada anak-anakku para mahasiswa PKL, manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga mendapatkan ilmu dari para pemateri,”kata Dr Mukodi.

Dalam kesempatan itu, Dr Mukodi juga sekaligus membuka langsung kegiatan PKL. Adapun kegiatan pembuka PKL tersebut adalah workshop jurnalistik.

Sementara, Kaprodi PBSI STKIP PGRI Pacitan Arif Mustofa dalam keterangannya mengatakan para mahasiswa tersebut akan mengikuti kegiatan PKL usai kegiatan workshop jurnalistik, yaitu magang di media yang ditentukan.

“Dari 20 mahasiswa, proses magang tersebut dibagi menjadi 3 media, yaitu Detik.com, Humas dan Protokol Pemkab Pacitan dan juga Pacitanku.com,”kata pria yang akrab disapa Arif ini.

Semua mahasiswa PKL tersebut, akan menjalankan tugas dan fungsi sebagai pewarta di tiga instansi tersebut.

Namun demikian, sebelum terjun ke lapangan, puluhan mahasiswa STKIP PGRI Pacitan itu terlebih dahulu dibekali ilmu jurnalistik dari tim Pacitanku.com.

Sejumlah materi, diantaranya teknik menulis berita hingga manajemen pengelolaan media disampaikan oleh tim Pacitanku.com.

Di akhir sesi pembekalan, mahasiswa kemudian praktek melakukan wawancara dengan narasumber dan  menulis berita. (red)