Pemerintah Pusat Dorong Percepatan Pembangunan di ‘Pawonsari’

oleh -2 Dilihat
Kunjungan kerja Pacitan oleh Wamen Agraria menjajaki pembangunan Pawonsari. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah pusat melalui Wakil Menteri (Wamen) Agraria Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra berkunjung ke tiga daerah di pesisir selatan Jawa untuk mendorong kerjasama pembangunan di tiga daerah, yaitu Pacitan, Wonogiri dan Wonosari (Pawonsari).

Setelah berkunjung ke Wonogiri, Jawa Tengah dan Wonosari di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta pada Rabu (31/3/2021), pada Jumat (2/4/2021) Surya Tjandra berkunjung ke Pacitan dalam rangkaian kunjungan kerja ke tiga wilayah tersebut.

Mengutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan, rombongan tiba di Pacitan dan disambut langsung Bupati Pacitan Indartato, Bupati Pacitan terpilih Indrata Nur Bayuaji, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho serta Staf Ahli dan instansi terkait.

Secara umum agenda kerja Wakil Menteri yang juga Koordinator Pelaksana Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Nasional adalah rapat koordinasi GTRA dalam rangka pembangunan dan pengembangan potensi jawa bagian selatan. Yakni Pacitan, Wonogiri dan Wonosari.

Pembangunan dan konsentrasi pertumbuhan ekonomi di wilayah jawa bagian selatan yang relatif tertinggal dibanding kawasan utara menjadi alasan Wamen Surya Tjandra melakukan upaya percepatan guna menanggulangi ketertinggalan tersebut.

Namun demikian pembangunan dan pengembangan potensi wilayah tidak bisa dilakukan langsung ke seluruh jawa bagian selatan. Diperlukan kegiatan percontohan untuk wilayah wilayah tersebut.

Kabupaten Pacitan yang tergabung dalam Pawonsari memiliki peluang cukup besar untuk saling bekerjasama. Apalagi ketiga wilayah beda Provinsi ini memiliki banyak kesamaan.Terutama potensi wilayah daerah kawasan kars.