Bupati Indartato Jadi Sasaran Pendataan Pertama Sensus Keluarga 2021 di Pacitan

oleh -Dibaca 151 kali
SENSUS KELUARGA. Bupati Pacitan bersama istri saat menerima kedatangan petugas sensus keluarga di Bangunsari. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pacitan mendatangi Bupati Pacitan Indartato untuk melakukan pendataan hari pertama Sensus Keluarga 2021, Kamis (1/4/2021) di kediaman Bupati Indartato, Jalan Yos Sudarso Desa Bangunsari Pacitan.

“Terimakasih dan saya apresiasi, ini adalah tugas mulia, mudah-mudahan kami bisa memberikan keterangan dengan benar sekaligus contoh bagi keluarga lain,”kata Indartato, saat menerima rombongan petugas bersama istri Luki Indartato, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Indartato berharap, masyarakat Pacitan dapat membantu kelancaran pendataan dengan memberikan keterangan yang benar kepada petugas. Keakuratan data sangat penting untuk mengetahui kondisi serta  kesejahteraan keluarga, khususnya masyarakat Pacitan.

“Pendataan keluarga 2021 ini berlangsung selama dua bulan mulai April hingga akhir Mei 2021,”terang Hendra Purwaka, Kepala  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pacitan.

Pria yang juga menjabat Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pacitan itu menyampaikan, untuk pendataan keluarga di Kabupaten Pacitan pihaknya telah menyiapkan 1277 petugas pendata dan 171 supervisor.

Mereka akan mendata sebanyak 191.563 kepala keluarga dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat.

Pendataan keluarga bertujuan untuk mendapatkan data keluarga yang akurat, valid, relevan serta dapat dipertanggungjawabkan.

Melalui proses pengumpulan, pengolahan sampai pemanfaatan data kependudukan dan keluarga. Pendataan keluarga dilaksanakan lima tahun sekali dengan sasaran keluarga termasuk semua anggota keluarga yang ada di rumah. (red)