Musrenbang Pacitan 2021 Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Penanganan Kemiskinan

oleh -Dibaca 437 kali
Kegiatan Musrenbang Pacitan pada Rabu (24/3/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 untuk menyusun RKPD tahun 2022 pada Rabu (24/3/2021) di Gedung Karya Dharma Pacitan.

Pada Musrenbang tahun ini mengambil tema Pertumbuhan Ekonomi dan Penanganan Kemiskinan Melalui Pengembangan Pariwisata yang didukung sektor unggulan.

Dikarenakan masih dalam kondisi pandemic COVID-19, pelaksanaan Musrenbang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain yang hadir di Gudung Karya Dharma para peserta mengikuti jalanya musrenbang melalui siaran video conference.

Salah satu yang dibahas dalam Musrenbang kali ini adalah dampak pandemi COVID-19 yang melanda setahun terakhir berimbas pada pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Pacitan.

Sepanjang tahun 2020 laju pertumbuhan ekonomi sebesar 1,84 persen atau mengalami penurunan 6,92 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini berimbas pada peningkatan angka kemiskinan sebesar 14,54 persen atau naik 0,87 persen dibanding tahun 2020.

“Semoga Musrenbang ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk merencanakan pembangunan tahun 2022,”kata Bupati Pacitan Indartato usai membuka Musrenbang Kabupaten Pacitan tahun 2021, dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Indartato tidak menampik badai pandemi COVID-19 memiliki dampak luar biasa dalam proses pembangunan di Pacitan. Penyesuaian anggaran melalui Refocusing terpaksa dilakukan untuk penanganan COVID-19.

Untuk itu melalui musrenbang kali ini bupati yang selangkah lagi menyelesaikan dua periode kepemimpinanya itu minta benar benar dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat.

“Saya percaya pemimpin yang akan datang akan lebih baik karena selain masih muda juga berpengalaman di legislative,”imbuh Indartato.

Meski bidang ekonomi ada penurunan tidak halnya dengan bidang sosial. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pacitan tahun 2020 naik 1,06 persen dari tahun sebelumnya atau mencapai 68,18 persen.

Empat komponen yang mendukung capaian tersebut adalah Angka Harapan Hidup (AHH) 71,94 persen, Rata Rata Lama Sekolah (RLS) 7,60 persen, Harapan Lama sekolah (HLS)12,64 tahun serta Pengeluaran Perkapita sebesar Rp. 8,5 juta. (red/humas)