Kemensos RI Bentuk Kampung Siaga Bencana di Pacitan

oleh -1 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN — Guna memberikan pemahaman warga dengan adanya ancaman bencana Megatrust khususnya di wilayah selatan jawa timur, kementerian Sosial RI melakukan sosialisasi, pelatihan dan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) berbasis kawasan di sejumlah kabupaten di Jawa Timur yang termitigasi rawan bencana.

Setelah sukses membentuk KSB berbasis kawasan di kabupaten Banyuwangi, selanjutnya dilakukan sosialisasi, pelatihan dan pembentukan KSB dan peningkatan kapasitas Tagana Muda.

“Mereka akan diperkenalkan pada peran dan fungsinya sebagai relawan KSB yang nanti akan terbagi dalam beberapa tIm yakni tIm Posko, Gardu sosial, Dapur Umun, Shelter, Evakuasi, TIm reaksi cepat (TRC), dan Logistik (lumbung sosial),” kata Fasilitator dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Twi Adi, dalam keterangan pers tertulis yang diterima Pacitanku.com, Jumat (19/3/2021).

Sementara Instruktur dari Kemensoa Adoxz Hermawan mengatakan bahwa dalam kegiatan ini peserta harus disamakan dulu pila.pikirnya.

“Mereka harus disamakan dulu meansetnya bahwa setelah ini mereka akan jadi relawan kebencanaan dengan nama Kampung Siaga Bencana atau KSB,” ujar Adoxz.

Selama tiga hari, lanjutnya mereka diberikan pemahaman sosialisasi dan pelatihan dengan tujuan membentuk mereka menjadi tenaga relawan yang siap segala sesuatunya sebagai relawan dalam penanganan bencana baik pada pra saat dan pasca bencana.

Peserta juga diberikan materi terkait kebijakan Kementerian Sosial dalam rangka pengurangan resiko bencana yang disampaikan oleh Pekerja Sosial Madya Kementerian Sosial Edy Suwarna.

“KSB yang dibentuk dengan nama jangkar Grindulu yang diambil dari nama sebuah sungai terbesar di Pacitan yang keanggotaannya melibatkan dua desa yakni Desa Kembang dan Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan,”tambah Edy.

Berbagai materi kebijakan penanganan bencana disampaikan oleh Kasubdit Kesiaosiagaan dan Mitigasi Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Iyan Kusmadiana melalui Zoom meeting yang dilaksanakan Kamis (18/3/2021), materi juga disampaikan dari Kementerian Lembaga terkait seperti Kementerian PUPR, BNPB, Kemendes.

Acara tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, diakhiri dengan memperingati HUT Tagana yang ke 17 di di Pantai Pancer Door Kecamatan Pacitan Jawa timur pada hari Sabtu (20/3/2021) besok. (Red)