Sejumlah Sekolah dan Guru Binaan YPA MDR di Donorojo Raih Prestasi Membanggakan di Masa Pandemi

oleh -Dibaca 238 kali
PRESTATIF. Para siswa di Donorojo binaan YPA MDR raih prestasi membanggakan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, DONOROJO — Sejumlah siswa, guru dan sekolah binaan YPA MDR di Kecamatan Donorojo meraih sejumlah prestasi membanggakan di masa pandemi COVID-19.

Untuk diketahui, konsep bantuan Pendidikan YPA MDR yang meliputi empat pilar program, yaitu akademis, karakter, kecakapan Hidup dan seni budaya merupakan konsep pembinaan dan pendampingan yang komprehensif dalam mempersiapkan SDM yang mandiri dan yang diharapkan mampu membangun daerahnya.

Dipadukan dengan Konsep Sekolah Eskalator, yaitu memastikan siswa binaan mendapatkan pelayanan Pendidikan wajib belajar 12 tahun dengan proses Pendidikan yang berjenjang dan berkelanjutan hingga lulus dalam Pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Perjuangan yang tidak mudah dan penuh tantangan.

Namun, dukungan Pemerintah Daerah melalui keterlibatan langsung Bupati Pacitan serta dukungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, banyak kinerja dan capaian prestasi dari tahun ke tahun telah ditorehkan sebagai sesuatu yang membanggakan.

Dalam keterangan pers tertulis yang diterima Pacitanku.com, sejumlah prestasi tersebut antara lain SDN 2 Widoro yang meraih sekolah adiwiyata provinsi tahun 2020, SDN 3 Sendang meraih juara 2 KSN Matematika tingkat kecamatan tahun 2020. Kemudian SDN 2 Kalak meraih juara sinden terbaik kabupaten tahun 2020.

Kemudian SMPN 2 Donorojo meraih prestasi sekolah Adiwiyata Provinsi tahun 2020, juara 2 Lomba Esai Bersejarah Provinsi tahun 2020, juara 2 OGN Kabupaten dan juara 2 Lomba KSN IPA Kabupaten tahun 2020.

Selain itu sekolah lain binaan YPA MDR yang meraih prestasi membanggakan adalah SMKN 2 Donorojo yang meraih juara 2 Lomba teknologi tepat guna Pariwisata Kabupaten tahun 2020, juara 1 Tari Perjuangan Kodim/0801 Pacitan tahun 2020 dan juara 3 Lomba Film Pendek Dinas Pariwisata tahun 2020.

Selain torehan prestasi dan penghargaan yang diterima oleh sekolah, guru-guru pun senantiasa melakukan inovasi yang menjadi karya unggulan dan mendukung terciptanya terobosan dalam peningkatan kualitas proses belajar mengajar.

Adapun daftar inovasi unggulan karya guru-guru di Kecamatan Donorojo diantaranya Wiwin Widiawati dari SDN 2 Widoro dengan karya istem Pernapasan Manusia (SI PERSIA).

Kemudian Evi Nur Mitayani dari SDN 3 Sendang dengan karya sambung Huruf Hijaiyah (BUNG HIJAY), Indra Prastowo dari SMKN 2 Donorojo dengan karya Design Thinking Practice for Product Design Orientation (DESPACITO).

Guru selanjutnya adalah Katni dari SMPN 2 Donorojo dengan karya Aplikasi Sistem Supervisi Akademik Berbasis Android (SISUKA ANDRO). Kemudian Septi Tri Hartuti dari SDN 3 Sendang
Cartoon Story Maker untuk Literasi Digital (CASTO MAKE SIDI).

Penghargaan dan prestasi yang diraih oleh sekolah di Kecamatan Donorojo merupakan dampak positif dari program kontribusi sosial yang berkelanjutan  PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) di bidang pendidikan yang hadir sejak 2012 di Kecamatan Donorojo dengan melakukan Nota Kesepahaman atau MOU dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan.

Saat ini YPA-MDR membina 85 guru dan 950 siswa yang berada di SDN Kalak 2,  SDN Sendang 3, SDN Widoro 2, SMPN 2 Donorojo dan SMKN 2 Donorojo. 
 
YPA-MDR secara konsisten dan terus menerus memberikan program pembinaan empat pilar yakni akademik, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup kepada sekolah-sekolah binaan juga dalam upaya menjadikan standar kualitas Pendidikan tetap terjaga untuk mencapai status sekolah unggul. (red)