TRC BPBD Pacitan Turut Bantu Penanganan Banjir dan Longsor di Nganjuk

oleh -Dibaca 210 kali
Kalak BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan turut mengirimkan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk membantu penanganan bencana alam banjir dan tanag longsor di Kabupaten Nganjuk.

“Betul mas (wartawan, red), kemarin kita mengirim TRC ke Nganjuk, sejumlah delapan personel turut menjadi tim penanganan banjir Nganjuk,”kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, Selasa (16/2/2021) di Pacitan.

Lebih lanjut, Didik mengungkapkan TRC BPBD Pacitan juga turut membantu pembersihan lumpur hingga membagikan logistik berupa selimut untuk korban.

“Intinya turut memberikan bantuan berupa selimut, membersihkan lumpur rumah warga,”pungkas Didik.

Sebagai informasi, bencana alam banjir dan tanah longsor menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021).

Berdasar informasi BPBD Nganjuk, 16 orang di Dusun Selopuro, Desa Ngetos diduga masih tertimbun longsor. Sebanyak dua orang warga setempat tewas dan 3 lainnya luka-luka.

Petugas gabungan dari Basarnas, BPBD, Tagana dan TNI-Polri, masih melakukan pencarian terhadap 16 warga yang tertimbun longsor. Alat berat telah dikerahkan untuk mempercepat proses evakuasi.

Selain longsor, banjir menggenangi merendam tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Berbek, Kecamatan Nganjuk dan Kecamatan Loceret. Dimana kecamatan yang paling parah adalah Kecamatan Berbek. Ketinggian air bervariasi, paling tinggi 2,5 meter. Semua warga sudah dievakuasi ke pengungsian.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan