Hendra Purwaka Resmi Kembali Jabat Plt Kadinkes Pacitan

oleh -10135 views
dr Trihariadi Hendra Purwaka saat menerima SK Plt Kadinkes Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Teka teki siapa yang akan menggantikan dr Iman Darmawan sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan akhirnya terjawab sudah.

Sosok tersebut adalah dr Trihariadi Hendra Purwaka yang kembali menjabat sebagai Plt Kadinkes Pacitan.

Peresmian dr Hendra sebagai Plt Kadinkes Pacitan itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Bupati Pacitan pada Jumat (22/1/2021).

“Kemarin (Jumat sore) mas (wartawan, red) terima SK, dan mohon doa restunya semoga amanah dan sehat semua,”kata dr Hendra, saat dihubungi Pacitanku.com, Sabtu (23/1/2021).

Sebagai informasi, dr Hendra sebelumnya ditunjuk sebagai Plt Kadinkes sekitar bulan Maret 2020 lalu dan mengisi jabatan yang kosong di Dinkes usai Kadinkes sebelumnya memasuki masa purna tugas.

Sekitar enam bulan menjabat sebagai Plt Kadinkes, dr Hendra kemudian meletakkan jabatannya sebagai Plt Kadinkes Pacitan setelah didesak mundur oleh jurnalis yang tergabung dalam Forum Pewarta Pacitan (FPPA) pada Senin (28/9/2020) lalu.

Jabatan Plt Kadinkes Pacitan kemudian diisi oleh dr Iman Darmawan yang juga direktur RSUD dr Darsono Pacitan.

Namun seiring beban dr Iman Darmawan yang merangkap sebagai direktur RSUD dr Darsono, Bupati Pacitan Indartato kemudian mencari sosok pengganti dr Iman Darmawan sebagai Plt Kadinkes melalui Badan pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Hingga akhirnya, dr Hendra kembali menjabat sebagai Plt Kadinkes Pacitan.

Saat ini, pekerjaan rumah Dinkes Pacitan sendiri masih cukup berat. Salah satu yang utama adalah untuk menangani pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan yang total paparannya sudah menyentuh angka 1.345 per Jumat (22/1/2021) kemarin, sejak pasien pertama diumumkan pada April 2020 lalu.

Usai kembali menjabat sebagai Plt Kadinkes, dr Hendra langsung mendampingi kegiatan rapid test massal ratusan pedagang Pasar Minulyo, Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan