Sebanyak 31 Perempuan di Pacitan Jadi Calon Penerima Anugerah Pacitanku Inspiring Women 2020

oleh -10174 views
Daftar nominator PIW 2020.

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 31 perempuan di Kabupaten Pacitan menjadi calon penerima anugerah Pacitanku Inspiring Women (PIW) 2020.

Anugerah PIW 2020 ini adalah ajang yang diselenggarakan Pacitanku.com bekerja sama dengan Pacitan Network (PN) Survei dan Riset, serta didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk memberikan apresiasi kepada kaum perempuan di Pacitan pada momen peringatan hari ibu (PHI) ke-92 pada 22 Desember 2020 mendatang.

Ketua panitia penyelenggara, Dwi Purnawan dalam keterangan persnya, Kamis (17/12/2020) mengatakan kegiatan ini digelar untuk menyemarakkan kegiatan hari ibu adalah memberikan apresiasi kepada kaum perempuan yang terus menebar inspirasi membangun negeri.

“Kegiatan Pacitan Inspiring Women 2020 (PIW 2020) ini merupakan kegiatan pemberian penghargaan untuk kaum perempuan yang turut serta dalam membangun Pacitan di berbagai sektor, yakni pendidikan, wirausaha, seni budaya, politik, pemberdayaan masyarakat, dan pemerintahan,”katanya.

Selain 29 calon penerima anuegrah PIW 2020 untuk 6 kategori tersebut, Dwi mengatakan penyelenggara juga akan memberikan penghargaan secara langsung atau tanpa nominasi kepada dua perempuan yang memiliki peran signifikan dalam pembangunan Pacitan. Sehingga, kata dia, ada total 32 calon penerima anugerah PIW 2020.

“Dua perempuan yang akan kami berikan penghargaan secara langsung tersebut adalah perempuan tangguh rumah tangga 2020 dan Inspiring Woman 2020,”jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, kata Dwi, penyelenggara membuat dua metode penilaian, yakni metode online dan offline.

Untuk online, kata dia, menggunakan metode pengisian vote melalui google form yang sudah dilaksanakan pada Senin (7/12/2020) hingga Jumat (11/12/2020) lalu.

“Antusiasme masyarakat untuk memberikan vote melalui google form luar biasa, terbukti hingga masa penutupan, ada 2.493 nama yang memberikan suaranya kepada calon penerima anugerah PIW 2020 tersebut,”tandasnya.

Dari 29 nama calon penerima anugerah PIW 2020 itu, kata Dwi, terdapat dari berbagai kalangan dengan prestasi masing-masing.

“Ada dari kalangan guru, dosen, koreografer tari, pegiat pemberdayaan masyarakat, politisi, pimpinan organisasi kemasyarakatan, kepala desa hingga relawan,”jelasnya.

Selain melalui mekanisme online, pemilihan calon penerima anugerah PIW 2020 juga melalui mekanisme offline, bekerja sama dengan Pacitan Network (PN) Survei dan Riset.

Menurut Direktur Pacitan Network (PN) Survei dan Riset Hendri Mujianto, pelaksanaan penilaian secara offline adalah dengan menerjunkan tim surveyor untuk membagikan kuesioner yang berisi pertanyaan langsung.

“Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka dengan 100 responden yang tersebar di Pacitan dengan berbagai komunitas organisasi wanita dengan margin error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen,”ujarnya.

Adapun, pelaksanaan kegiatan survei offline untuk penentuan calon penerima PIW 2020 tersebut dilaksanakan sejak Sabtu (12/12/2020) hingga Senin (14/12/2020).

“Untuk pengumuman pemenangnya, akan dilaksanakan sehari setelah hari ibu, yakni pada Rabu tanggal 23 Desember 2020 di Pendopo Kabupaten Pacitan dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Pacitanku, Youtube Pemkab Pacitan dan TV Pacitan Vision,”pungkas Hendri.

Berikut daftar calon penerima anugerah PIW 2020 dengan nominasi

Kategori Perempuan dan Pendidikan

  1. Anita Bidaryati (Pengelola Perpustakaan Bandar)
  2. Elya Mufidah (Guru SMKN Ngadirojo)
  3. Herlina Savitri (Guru SDN 01 Pucangombo)
  4. Sri Pamungkas (Dosen STKIP PGRI Pacitan)

Kategori Perempuan dan Wirausaha

  1. Chrismillia Natalia (Direktur Srikandi Hotel)
  2. Fatimah Soeharno (Direktur PT. Prestasi Berdikari Jaya)
  3. Khomsatun Kamilah (Owner Alifa Cake & Bakery)

Kategori Perempuan dan Seni Budaya

  1. Deasylina da Ary (Doktor Bidang Penciptaan Seni)
  2. Ika Hariyani (Sanggar Tari Gage Penariku)
  3. Rani Iswinedar (Sanggar Tari Pradnya)
  4. Triweni Ratna Pamilih (Sanggar Seni dan Kebugaran Maharani)

Kategori Perempuan dan Politik

  1. Melia Windiyana (Anggota DPRD Pacitan)
  2. Ririn Subianti (Anggota DPRD Pacitan)
  3. Sulis Styorini (Ketua KPU Pacitan)
  4. Suprihati Winarcahyani (Anggota DPRD Pacitan)
  5. Sri Widowati (Anggota DPRD Pacitan)
  6. Titik Ernawati (Anggota DPRD Pacitan)
  7. Triyani (Anggota DPRD Pacitan)

Kategori Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat

  1. Anita Bidaryati (Pegiat Lingkungan Hidup)
  2. Dian Budi Aggraeni (Pegiat POSDAYA)
  3. Diannitta Agustinawati (Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan)
  4. Murtiyaningsih (Ketua Fatayat NU Pacitan)
  5. Ririn Subianti (Pegiat Majelis Taklim)
  6. Rum Kuswati (Ketua PD ‘Aisyiyah Pacitan)

Kategori Perempuan dan Pemerintahan

  1. Ninik Setyorini (Ka. UPT Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dinas Kelautan Pemprov Jatim Wil. Pacitan)
  2. Suratingtyas (Kepala Desa Kluwih, Kecamatan Tulakan)
  3. Suratmi (Kepala Desa Bomo, Kecamatan Punung)
  4. Wiwid Pheni Dwiantari (Kepala Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku)
  5. Wulan Fitriana (Kepala Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo)