SBY Berharap Museum Kepresidenan dan Galeri Seni Semakin Lengkapi Wisata di Pacitan

oleh -160 views
SBY saat menyaksikan latihan bola voli tim Lavani di Pacitan, baru-baru ini. (Foto: FB/Susilo bambang Yudhoyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkesempatan kembali menyampaikan harapannya atas pembangunan museum SBY dan galeri seni Ani.

Dalam video yang dilihat Pacitanku.com, Kamis (10/12/2020), SBY berharap museum kepresidenan tersebut semakin melengkapi obyek wisata yang ada di Pacitan.

“Untuk museum kepresidenan dan galeri seni Ani Yudhoyono, sebagaimana yang saya sampaikan dulu, Insyaallah nanti bisa menjadi obyek wisata,”kata SBY.

Sehingga, imbuh SBY, Pacitan semakin kaya wisata. Dimana saat ini yang sudah kaya dengan obyek wisata, misalnya Goa Gong, Goa Tabuhan, kemudian pantai yang indah banyak sekali antara lain pantai klayar dan pantai watukarung, dan juga ada monumen jenderal yang merupakan wisata sejarah.

“Dengan museum dan galeri tingkat internasional, tingkat dunia, sehingga benar yang disampaikan tadi saya punya keyakinan pada saatnya, nanti setelah berdiri, setelah melaksanakan aktivitas tidak sedikit, maka akan lebih banyak lagi yang berkunjung ke Pacitan ke obyek-obyek wisata, plus museum kepresidenan dan galeri seni Ani Yudhoyono tadi,”jelasnya.

Lebih lanjut, dengan adanya museum tersebut, tentu barokahnya nanti bawa rezeki untuk penginapan transportasi, kuliner, souvenir dan sebagainya.

SBY kemudian menceritakan tentang masa kecilnya di Pacitan yang menjadi daerah terisolasi dan terbelakang.

“Ini rahasia masa kecil saya lah, Pacitan ini sangat terisolasi terbelakang daerah yang miskin jarang bepergian ke luar Pacitan sehingga nyaris tidak dikenal, bahkan diantara kita dulu juga suka ngaku dari solo dari jogja dari madiun ponorogo dan seterusnya saking tidak dikenalnya,”jelasnya.

Saat ini, Pacitan, kata SBY, semakin dikenal di seluruh tanah air dan dengan adanya museum tersebut, Pacitan semakin dikenal di tingkat dunia.

“Insyaallah Pacitan yang sekarang sudah dikenal di seluruh tanah air akan semakin dikenal nanti dan kalau museum kepresidenan nanti dikunjungi oleh wisatawan dari negara sahabat, berarti Pacitan juga makin dikenal pada tingkat dunia,”papar SBY.

Museum itu, kata SBY, juga merupakan salah satu baktinya kepada kampung halaman Pacitan.

“Ini salah satu bakti saya sebagai putra Pacitan yang bisa barokah dan manfaat bagi saudara-saudara kita, bagi kita semua,”pungkasnya.

Untuk diketahui, museum yang kini pembangunannya masih dalam proses tersebut bentuknya sekilas mirip Capitol Hill di Amerika Serikat.

Musem SBY-Ani tersebut terdiri dari puluhan ruangan. Sebagian besar menampilkan pernak-pernik yang berkaitan dengan perjalanan SBY, seperti rangkaian cerita sejak SBY menghabiskan masa muda di Pacitan hingga menapaki karir di dunia militer.

Selain museum, juga ada Galeri Seni Ani yang akan menampilkan koleksi seni dan foto hasil jepretan Ibu Ani. Selain berupa foto lanskap, karya lain berupa foto humanistik juga akan dipajang menghiasi ruangan yang ada.