Pesan SBY untuk Aji-Gagarin: Selamatkan Masyarakat Pacitan dari COVID-19, Pulihkan Ekonomi Hingga Majukan Infrastruktur

oleh -127 views
Tangkapan layar SBY saat berpesan untuk Aji-Gagarin di Pilbup Pacitan. (Foto: Istimewa/Dok)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Majelis Tinggi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki sejumlah pesan khusus kepada calon bupati dan wakil bupati Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. Pesan tersebut disampaikan oleh SBY dalam video yang dilihat Pacitanku.com, Kamis (3/12/2020).

“Pesan saya adalah setelah Insyaallah memimpin nanti, yang sangat penting dilakukan adalah menyelamatkan masyarakat Pacitan, saudara-saudara kita dari COVID-19, ini prioritasnya. Yang kedua karena ada COVID-19, ada pandemi, ekonomi rakyat kehidupan rakyat sehari-hari mengalami penurunan, mengalami masalah, ini juga tolog segera diatasi nanti sehingga covidnya bisa dihentikan ekonomi rakyat bisa dipulihkan,”kata SBY dalam video tersebut.

Lebih lanjut, SBY mengaku senang karena pasangan Aji-Gagarin memiliki program yang nyata setelah mengutamakan penanganan COVID-19 dan memulihkan ekonomi.

“Yaitu ingin benar pendidikan ditingkatkan agar lebih kualitas, bagus itu, yang kedua juga ingin kesehatan masyarakat itu juga ditingkatkan kualitasnya itu juga bagus dan kemudian infrastruktur akan dimajukan. Saya kira itu tiga program yang bagus dan diinginkan oleh Pacitan,”tandasnya.

SBY kemudian bercerita saat dirinya ketika dulu sebagai anak Pacitan oleh Allah SWT ditakdirkan oleh rakyat Indonesia diberikan amanah untuk memimpin Indonesia, dirinya tidak pernah melupakan kampung halaman Pacitan.

“Saya kira baik Aji maupun Gagarin masih ingat ketiga jalur jalan yang penting, pertama JLS, yaitu menghubungkan Pacitan ke Trenggalek Pacitan ke Wonogiri ke Jogja dan serta ke Solo itu kita bangun dengan kualitas jalan yang bagus. Kemudian Pacitan Ponorogo juga kita bangun kita tingkatkan kualitasnya itu dari segi jaring jalan, tentunya masih ada lagi jalan-jalan yang lain yang perlu nanti Aji dan Gagarin bangun,”jelas pria yang merupakan Presiden ke-6 RI ini.

Secara khusus, SBY berharap mudah-mudahan presiden dan gubernur juga memebrikan atensi yang penuh kepada Pacitan.

“Kemudian saya juga ingat ya, karena Pacitan itu harus kita majukan wisatanya, mulai dari arah barat itu kita bangun kualitas dari Gua Tabuhan dan Gua Gong agar lebih banyak lagi pengunjungnya. Lantas pantai-pantai yang indah seperti Pantai Klayar juga kita bangun jarring-jaring jalan menuju tempat wisata juga kita bangun,”paparnya.

Di Pacitan sendiri, SBY mengatakan dirinya masih ingat dibangun pelabuhan perikanan di Tamperan, kemudian Masjid Agung juga dipugar, dienovasi dan ditingkatkan keindahannya.

“Kemudian jangan lupa pula, bahwa banyak yang telah kita lakukan, kita tahu memerlukan pengairan Pacitan kita bangun dulu bendungan atau waduk tukul mudah-mudahan segera bisa diresmikan pada saatnya nanti karena perlu waktu untuk membangunnya,”kata SBY.

Selanjutnya, SBY mengatakan di masa kepemimpinannya juga membangun pembangkit listrik yang besar untuk Jawa dan tentu untuk Pacitan sendiri.

“Kemudian untuk meningkatkan persatuan persahabatan dan prestasi olahraga di Pacitan dan ini bagus untuk anak muda untuk kaum milenial dan masyarakat luas lah kita bangun stadion gedung olahraga dan juga wisma atlet. Mudah-mudahan kedepan ini betul-betul bisa meningkatkan prestasi olahraga dari Kabupaten yang kita cintai ini,”harapnya.

Tak hanya itu, SBY mengatakan di masa kepemimpinannya, juga dibangun Akademi Komunitas Negeri (AKN) dan juga ditingkatkan semua yang berkaitan dengan menggerakkan ekonomi lokal dan kesejahteraan rakyat.

“Bahkan di Nawangan, tempat panglima Jenderal Soedirman dulu memimpin gerilya, saya juga pernah 4 tahun tinggal di Nawangan waktu kecil itu kita bangun dan tingkatkan monument jendral soedirman itu semua menjadi obyek wisata yang akan datang,”jelasnya.

Alasan SBY membangun infrastruktur

Dalam video itu, SBY mengatakan alasan dirinya membangun infrastruktur tempat-tempat wisata agar ekonomi Pacitan makin meningkat setelah yang perlu diutamakan untuk Pacitan.

“Jangan lupa Aji-dan Gagarin terus menerus mengurangi kemiskinan terus menerus meningkatkan pendidikan dan terus menerus meningkatkan kesejahteraan rakyat. Itulah tekad kita sebagai anak kelahiran Pacitan,”paparnya.

SBY kemudian menceritakan, di masa kecil hingga remaja dulu susah sekali hidup di Pacitan, tapi terus menjadi maju.

“Pesan saya nanti setelah memimpin Pacitan utamakan tugas itu, yang lain nomor 2 kalau perlu siang dan malam bekerja untuk saudara-saudara kita masyarakat Pacitan terutama, yang penting adalah menghentikan COVID-19 memulihkan ekonomi,”ujarnya.

Pembangunan banyak hal yang dilakukan SBY, kata dia, sebagai modal awal bagi Pacitan untuk terus dilanjutkan pembangunannya baik oleh bupati wakil bupati, Gubernur dan oleh Presiden dengan para menterinya.

“Itulah pesan dan harapan saya, saya punya keyakinan saya tahu hasil surveinya tinggi sekali untuk Aji dan Gagarin, Insyaallah dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa kalian akan bisa memimpin pacitan menuju Pacitan di masa depan yang lebih baik, saya kira begitu,”pungkasnya.

Pesan dan Harapan SBY, AHY dan Airlangga untuk Indrata-Gagarin