Waspada Ancaman Longsor, 57 Warga Gembuk Kebonagung Mengungsi Sementara

oleh -0 Dilihat
SAMBANGI WARGA. Indartato saat menyambangi posko pengungsi di Desa Gembuk Kebonagung, Ahad malam. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Hujan deras yang mengguyur Pacitan sejak minggu siang (15/11) menyebabkan banyak bencana alam. Selain banjir yang terjadi di Kebonagung dan Kecamatan Pacitan. Hujan juga menyebabkan longsor di beberapa titik.

Selain itu, sebanyak 57 warga Dusun Ngelo Desa Gembuk Kecamatan Kebonagung, Minggu (15/11) sore mengungsi ke gedung balai desa setempat.

Pemerintah Desa (Pemdes) setempat terpaksa mengevakuasi warga dari 17 kepala keluarga (KK) tersebut dikarenakan rumah tempat mereka tinggal terancam longsor.

“Satu rumah  tertimpa longsor, sedangkan lainya kami evakuasi karena terdampak,”kata Kepala Desa Gembuk, Kebonagung, Nugroho Eko Prabowo kepada bupati.

Selain merobohkan rumah Suranto dan menimbun seluruh harta benda, material longsor juga menutup badan jalan. Hingga berita ini ditulis jalur penghubung antar desa tersebut belum dapat dilalui kendaraan roda empat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Untuk sementara, warga terdampak akan tinggal di balai desa. Sebagian lain memilih tinggal dengan sanak saudaranya sambil menunggu kajian lapangan dari tim BPBD.

Mengutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan, Bupati Pacitan Indartato minta segera ada penanganan kedaruratan. Terutama, menyangkut kebutuhan warga terdampak. Baik saat dipengungsian maupun saat kembali ke rumah.

“Pemda akan kordinasi dengan camat, kades dan tokoh masyarakat bagaimana penyelesaiannya dan kita berharap yang tertimpa musibah segera teratasi,”kata Indartato saat mengunjungi warga terdampak di posko bencana balai desa Gembuk , Minggu malam.

Dalam kesempatan tersebut bupati menyerahkan bantuan paket sembako, selimut dan alas tidur kepada warga terdampak. Bupati juga minta masyarakat waspada dan berhati hati jika terjadi hujan deras. Terlebih bagi yang tinggal didekat bantaran sungai atau dibawah tebing.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pacitan sepanjang Minggu sore hingga malam tidak hanya mengakibatkan longsor namun juga banjir disejumlah tempat.

Sebelum menuju Desa Gembuk bupati didampingi Sekda Heru Wiwoho, Kepala Pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo, Plt. Kasatpol PP Sugeng Widodo dan Camat setempat memantau bencana banjir di dua desa yakni Desa Purwoasri dan Desa Kebonagung.

Banjir juga menggenangi Puskesmas Kebonagung. Bahkan, jembatan penghubung antar desa di Desa Banjarjo hanyut terbawa arus banjir.

Video Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Titik di Kebonagung Diterjang Longsor dan Banjir

No More Posts Available.

No more pages to load.