Pemkab Pasang Target Kenaikan PAD Tahun 2021

oleh -1371 views
Bapenda memberikan reward kepada wajib pajak yang telah melunasi PBB P2. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN — Pemerintah daerah Kabupaten Pacitan memasang target cukup tinggi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021.

Dikatakan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sakundoko, Kamis (12/11) besaran capaian PAD yang direncanakan untuk tahun 2021 sebanyak Rp. 200 Milyar lebih atau naik 30,72 persen dibanding tahun 2020 sebesar Rp.153 miliar lebih.

Dari kenaikan target PAD tersebut , Sakundoko memasang target untuk pajak daerah sebesar 31 persen atau sebanyak Rp.35 milyar lebih. Begitu juga dengan retribusi daerah akan naik 20 persen atau Rp.36 milyar lebih.

“Kita berani pasang target lebih dengan harapan COVID-19 di tahun 2021 sudah tidak ada lagi,”kata Sakundoko saat acara undian hadiah PBB P2 di Pendopo Kecamatan Pacitan, dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Diakui Sakundoko pandemi COVID-19 yang terjadi hampir setahun terakhir mengakibatkan target PAD Kabupaten Pacitan tidak terpenuhi. Sektor unggulan seperti pariwisata terpaksa ditutup demi memutus mata rantai penyebaran virus.

Tak ayal, Pacitan kehilangan lumbung pemasukan dari sektor tersebut. Sementara Bupati Pacitan Indartato menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat wajib pajak yang telah menunaikan kewajibannya membayar pajak.

Apresiasi juga diberikan kepada kepala desa dan kepala kelurahan yang telah bekerja keras menyadarkan warganya untuk taat pajak.

Untuk itu sebagai wujud terimakasih pemerintah melalui Bapenda memberikan reward kepada wajib pajak yang telah melunasi PBB P2 paling lambat 30 September dengan menggelar undian berhadiah.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa pajak ini tidak ada kontraprestasi namun yang menikmati semuanya jadi saya ucapkan terimakasih atas kepatuhannya membayar pajak,”kata Indartato.

Undian Hadiah PBB P2 diperuntukkan bagi seluruh wajib pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan. Kepada masing masing wilayah kecamatan diberikan beragam hadian dengan hadiah utama satu sepeda motor untuk masing masing kecamatan.

Undian berlangsung di 5 tempat yakni Bandar, Ngadirojo Pringkuku, Nawangan dan terakhir Pacitan.