Mengapa Indrata-Gagarin Getol Ingin Prioritaskan Pembangunan Kawasan Perbatasan?

oleh -13170 views
Indrata-Gagarin saat konferensi pers usai debat Pilbup Pacitan Selasa (27/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur BayuajiGagarin memiliki salah satu program prioritas pembangunan jika terpilih menjadi Bupati-Wakil Bupati Pacitan.

Salah satu yang menjadi prioritas adalah pembangunan kawasan perbatasan? Mengapa duet mantan legislator ini begitu getol untuk membangun kawasan perbatasan di Pacitan?

Pacitan sendiri diketahui memiliki salah satu persoalan pembangunan, yaitu terkait infrastuktur, dimana kualitas jalan yang masih kurang.

Dan sesuai Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2019, baru sekitar 63,82 persen jalan di Pacitan dalam kondisi baik, rata-rata mengalami peningkatan sebesar 2 persen per tahun.

Hal inilah yang menjadi alasan Indrata-Gagarin dengan melakukan strategi percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur dan pembangunan wilayah perbatasan.

Dari strategi tersebut diantaranya peningkatan kualitas dan kuantitas jalan poros desa, kemudian meningkatnya kualitas dan kuantitas pembangunan di wilayah perbatsan.

Saat berbincang dengan Pacitanku.com melalui sambungan telepon, Selasa (22/9/2020) lalu, Aji menyebut salah satu aspirasi dari masyarakat adalah peningkatan infrastruktur.

“Harapannya untuk masyarakat, rata-rata adalah peningkatan infrastruktur yang tentunya semuanya berujung pengentasan kemiskinan, dan Insyaallah kami sudah punya konsepnya,”kata Aji, saat itu.

Saat debat edisi perdana dengan tema “Memajukan Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” pada Selasa (27/10/2020) lalu, paslon yang diusung koalisi 13 parpol ini kembali menegaskan kawasan perbatasan menjadi prioritas utama pembangunan.

“Pemerataan Insfrastruktur serta peningkatan kawasan perbatasan, kami ingin kawasan perbatasan wilayah dapat kami tingkatkan, kemudian utuk pariwisata. Akses di perbatasan nyaman maka akan berjalan ekonominya,”kata Cawabup Gagarin.

Salah satu yang menjadi titik perhatian, kata Gagarin, adalah kualitas jalan di wilayah perbatasan.

“Jadi nantinya kita akan menuju pada kualifikasi kualitas jalan dengan kapasitas masa penggunaan lebih Panjang, supaya timbul titik-titik perekonomian supaya muncul pemerataan pembangunan,”ujarnya kala itu.

Beberapa waktu berselang usai debat perdana, kedua calon yang berlatar belakang anggota DPRD ini kembali menekankan alasan mengapa memprioritaskan pembangunan perbatasan.

“Misi kami peningkatan pembangunan di wilayah perbatsan, kami melihat perbatasan ini sebuah harga diri buat Pacitan, artinya ada 32 desa total dan khususnya kalau sekaarang diwilayah Donorojo ada 5 desa yang berbatasan dengan jateng,”kata Cabup Indrata Nur Bayuaji saat kampanye di Kecamatan Donorojo, belum lama ini.

Sehingga, imbuh Aji, kalau dibandingkan pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan, saat ini dirinya menilai masih kurang. “Maka dari itu PR kita kedepan adalah bagaiaman menyamakan minimal menyamakan dengan Jawa Tengah,”tukas politikus Partai Demokrat ini.

Senada dengan Aji, Cawabup Gagarin mengatakan percepatan dan peningkatan untuk pembangunan di wilayah perbatasan ini memang sangat perlu.

“Tidak hanya sekedar harga diri, tetapi setidaknya juga bisa memberikan akses konektivitas dengan kabupaten lain, dan ini nanti kita berharap dengan konektivitas yang tercipta ini nanti akan menciptakan pertumbuhan-pertumbuhan di wilayah perbatasan dalam semua bidang,”jelasnya.

Tinggal, kata Gagarin, potensi di desa tersebut apa, kemudian akan dikembangkan pembangunan di wilayah perbatasan.

“Tinggal potensinya apa, kalau potensinya di bidang pertanian saya yakin nanti juga akan menciptakan kemajuan di bidang pertanian dan rumpun agraris lainnya,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Usai Debat Perdana, Aji-Gagarin: Coblos Nomor 1, Jalan Menuju Pacitan Maju dan Sejahtera