Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia

oleh -13287 views
Ki dalang Seno Nugroho saat mendalang dalam wayang kulit di Pacitan, Selasa (25//2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, YOGYAKARTA – Dalang Ki Seno Nugroho yang populer di kalangan penikmat wayang tutup usia, pada Selasa malam, 3 November 2020. Hal itu dikonfirmasi akun resmi Twitter seni budaya Gamelan Kiai Kanjeng. Ki Seno Nugroho dikabarkan meninggal di RS PKU Gamping.

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun… Donya mung ngeterke tekan pecate nyawa. Ananging derma nggandeng manungsa tekan lawange suwargonipun Gusti Allah (Dunia hanya mengantar pada kematian, tetapi derma membawa manusia sampai pintu surga Gusti Allah),” tulis akun @kiaikanjeng, pada Selasa (3/11/2020).

Sementara, budayawan Sudjiwo Tejo lewat akun Twitter @sudjiwotedjo juga mengabarkan perihal meninggalnya dalang kondang itu.

Sugeng tindak Ki Seno Nugroho .. sampai jumpa.. #utangRasa Waktu Juli lalu sowan ke rumahmu di Sedayu, Yogya, aku gak bisa tegur sapa krn kau ud start mendalang Wayang Climen, pulang duluan krn ada kerjaan, gak bisa pamit .. aku pikir toh kita masih akan ketemu lagi di dunia..,” tulisnya, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Semaraknya Wayang Kulit dengan Dalang Seno dan Sinden Elisha di Pacitan

Ki Seno meninggal pada usia 48 tahun. Almarhum menekuni dunia pedalangan sejak usia 10 tahun.

Belakangan, Ki Seno dikenal aktif menayangkan pentas wayang via live streaming YouTube, membuat para penggemar wayang dari seluruh dunia dapat menyaksikan secara langsung. Selain itu, Ki Seno juga populer di kalangan anak-anak muda.

Seno Nugroho adalah dalang muda asal Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu dalang pembaharu gaya pedalangan masa kini.

Dalang kelahiran 23 Agustus 1972 tersebut pada dasarnya merupakan dalang gaya Yogyakarta, namun dia juga sering memadukan dengan gaya Solo di pementasannya.

Seno Nugroho berasal dari keluarga seniman tradisional. Ayahnya, (alm) Ki Suparman Cermowiyoto, adalah dalang kenamaan gaya Yogyakarta yang sangat termasyur pada masanya.

Bagi warga Pacitan, Ki Seno Nugroho merupakan salah satu dalang favorit. Bahkan Pemerintah Daerah setempat pada tahun ini juga mengundang Ki Seno Nugroho tampil dalam peringatan Hari Jadi Pacitan pada pada Selasa (25/2/2020) lalu.

Kala itu, mengambil lakon Pandu Swarga, Ki Dalang yang terkenal dengan Dalang “1001 Malam” ini tampil cukup menghibur masyarakat Pacitan kala itu.