Top 13 Pantai Keren di Pacitan

oleh -13561 views
Pantauan Pantai Klayar pada Kamis (26/12/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN — Indonesia adalah negeri bahari, dan salah satu yang sangat mendukung hal tersebut adalah banyaknya wilayah di Indonesia yang memiliki pesona bahari yang memanjakan mata. Kabupaten Pacitan yang terletak di pesisir selatan pulau jawa memiliki pesona bahari yang luar biasa indah.

Dengan panjang garis pantai 70,71 km, Pacitan bisa disebut sebagai negeri sejuta ombak. Dengan garis pantai yang cukup panjang, berdasarkan penelusuran dan catatan Pacitanku.com, setidaknya ada 85 pantai yang melalui di tujuh wilayah kecamatan, yakni Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Kebonagung, Pacitan, Pringkuku, dan Donorojo.

Dari 85 pantai tersebut, setidaknya ada 13 pantai yang keren dan direkomendasikan versi Pacitanku.com. Keren dan jadi tempat rekomendasi untuk dikunjungi disini artinya memiliki panorama yang keren serta akses yang memadai menuju ke lokasi pantai. Ini dia daftarnya.

1. Pantai Taman

Pantai Taman di Ngadirojo. (Foto: Dok. Pacitanku)

Saat liburan ke Pacitan, jangan lupa mampir ke Pantai Taman di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo. Kecantikan alamnya masih asli. Pantai Taman yg menawarkan pesona alami ini memiliki keistimewaan menyajikan keindahan pantai berikut dengan konsep wisata pendidikannya.

Saat siang Anda dapat menikmati birunya langit dan indahnya pesona Pantai aman. Semakin betah saat matahari mulai perlahan-lahan menghilang dan warna langit berubah kemerahan, rasa semakin jatuh cinta sama keindahan pantai Taman semakin muncul.

Apalagi, pengelola pantai sudah menyediakan berbagai macam tempat nongkrong di Pantai ini, mulai dari ayunan “The swing of Taman” hingga gazebo-gazebo yang berada di kawasan Pantai dengan garis pantai cukup panjang ini. Selain pantai, di Pantai Taman juga ada wisata pendidikan dan petualangan. Disini ada Flying Fox  dengan panjangnya 415 meter dan kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang dengan aman.

2. Pantai Soge

Keindahan kawasan Pantai Soge dipotret dari udara. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Saat Anda melakukan perjalanan darat melewati jalur Pantai Selatan (Pansela) Kabupaten Pacitan, bolehlah mampir sejenak menikmati keindahan pantai Soge. Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota.

Bagi sebagian orang, kawasan pantai Soge ini agak mirip dengan Great Ocean Road di Australia atau Pantai Senggigi di Lombok  yang keindahan pantainya bisa dinikmati dari pinggir jalan. Keindahan Pantai Soge merupakan perpaduan antara bukit kapur, geometri jalan, pantai, sungai, dan muara sungai.

Pesona keindahan Pantai Soge di Pacitan ini sudah bisa dilihat bahkan sebelum menginjakkan kaki di pasir pantainya yang putih.

Jika Anda berdiri di titik yang tepat, yakni di tepi jalur Pansela tepat di atas pantai, Anda akan menikmati panorama menawan. Selain itu, ada juga jembatan yang sangat eye catching di Pantai Soge, Jembatan Biru dengan desain yang futuristik.

Di pantai ini, ada muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah. Di sisi sebelah timur pantai, ada ”danau kecil” yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik kembali kelaut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah. Ada juga kawasan cemara pandang, dimana di titik ini, pengunjung bisa menyempatkan berfoto ria dengan latar belakang cemara.

3. Pantai Watu Bale

Keberadaan pantai Watu Bale ini tak lepas dari “jasa” para travellers yang mengabadikan momen berada di pantai Watu Bale, lalu kemudian membagikan di media sosial, yang muncul beberapa waktu lalu. Pantai ini termasuk destinasi wisata pantai di Pacitan yang tergolong baru, atau baru dikelola oleh Pemerintah Desa setempat mulai tahun 2017 lalu.

Pemandangan di kawasan pantai Watu Bale ini begitu indah. Pantai Watu Bale ini juga bisa dibilang tidak memiliki pantai berpasir, akan tetapi adalah merupakan tebing yang cukup tinggi, yang berbatasan langsung dengan laut selatan, atau dikenal dengan istilah tanjung berbukit.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah keberadaan batu karang yang mirip “bale”. Bale jika diartikan dalam bahasa jawa adalah balai, atau tempat untuk istirahat, sehingga karena ada batu karang mirip “balai-balai” maka dinamakan pantai ini dengan pantai Watu Bale.

Menikmati pemandangan di sepanjang tanjung berbukit pantai Watu Bale ini, anda akan menikmati pemandangan laut lepas, birunya lautan, karang-karang yang perkasa dan juga ombak –ombak yang saling mengejar, dengan musik alami yang elok didengar.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri, udara di tanjung berbukit ini lumayan panas, sehingga waktu yang direkomendasikan menikmati pantai Watu Bale adalah saat pagi hari atau sore hari.

Pengelola setempat juga sudah membuat sejumlah fasilitas penunjang di kawasan pantai ini. Diantaranya balai-balai, area kongkow, kemudian spot foto selfie, mushola dan toilet. Tak hanya itu, sekitar 500 meter dari area pantai, juga sudah disediakan café bagi yang ingin menikmati kopi hingga kelapa muda.

4. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone. (Foto : Youtube)
Tempat wisata Pacitan, Pantai Pidakan.

Pantai Pidakan adalah salah satu pantai yang direkomendasikan saat Anda mengunjungi Pacitan. Pantai yang terletak di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini memiliki ciri khas bebatuan yang menyelimuti hampir 70 persen garis pantainya. Saat Anda menikmati panorama pantai ini, Anda serasa akan dimanjakan dengan terapi batu yang bisa jadi akan semakin melancarkan aliran darah dalam tubuh Anda.

Anda akan dimanjakan dengan bebatuan kerikil putih yang bisa digunakan untuk duduk sembari menikmati pantai. Di Pantai ini terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran. Namun jangan dibawa pulang ya batu-batunya tersebut. Cukup dinikmati saja.

Selain bebatuan, panorama pantai ini semakin lengkap dengan adanya pohon – pohon kelapa banyak tumbuh di pantai pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang. Pantai ini bisa digunakan untuk berkemah, tentunya harus melalui perizinan dari pengelola ya. Dan pemandangan saat matahari tenggelam memang sangat indah apabila dilihat dari lokasi ini.

5. Pantai Pancer

Pantai Pancer Dorr merupakan bagian pantai dari teluk Pacitan yang berada di sisi paling timur Pantai  Teleng Ria, berhadapan langsung dengan samudera hindia dan berlokasi di Kelurahan Ploso, Pacitan. Pantai ini memiliki panorama yang mempesona dengan deburan ombak khas laut selatan. Di pantai ini juga ditanam tumbuhan cemara yang berfungsi sebagai sabuk laut.

Lalu apa keistimewaan pantai ini? Yakni adalah ombak yang besar dan juga area yang cukup luas. Ombak besar inilah yang sering di manfaatkan oleh para surfer /peselancar untuk menunjukan kebolehanya melawan arus ombak yang tinggi. Sehingga tak heran di Pantai Pancer Door sering di gunakan untuk bermain surfing oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berbagai event selancar atau dayung sering digelar di kawasan ini, tepatnya di muara Sungai grindulu.

Berbagai event juga sering digelar di kawasan pantai ini karena tempatnya yang cukup luas. Sejak 2015 misalnya, beeberapa event digelar di pantai ini, diantaranya event ghatering skuter atau vespa nasional, Asian surfing championship, agenda kepanduan tingkat Jawa timur, hingga Pancer Dorr Summer Festival yang berlangsung pada Agustus 2019.

Penjagaan kawasan wisata Pantai Pancer ini rutin dilakukan, baik oleh relawan maupun pemerintah daerah. Kegiatan rutin bersih-bersih pantai Pancer Dorr sering dan rutin dilakukan, oleh masyarakat dan pemerintah setempat kerjasama dengan berbagai elemen, seperti Kodim Pacitan, Polres dan berbagai elemen lainnya.

Pemerintah daerah Pacitan mulai memperhatikan potensi wisata yang ada di kawasan Pancer Door ini seperti halnya pembangunan taman, panggung event, jogging track, taman-taman, bumi perkemahan dan Etalase Geopark Gunung sewu. Selain itu di kawasan Pantai Pancer Door ini sangat cocok di gunakan sebagai tempat aktifitas  berolahraga bersepeda, lari, skateboard. Sehingga kita bisa menyaksikan jika setiap pagi dan sore tempat ini ramai di kunjungi warga.

6. Pantai Teleng Ria

Kawasan wisata Pantai teleng ria. Foto IG @Swastikamey

Salah satu obyek wisata pantai di Pacitan adalah Pantai Teleng Ria. Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo Kecamatan Pacitan ini menjadi pantai yang asyik untuk bermain pasir karena bibir pantai yang luas.

Pantai teleng ria cocok untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga. Suasana pasir putih dan kecoklatan yang bersih menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya yang membawa anak-anak. Pengunjung bisa leluasa bermain air di tepian pantai. Namun pengunjung disarankan untuk berhati-hati, mengingat ombak laut selatan memiliki ombak yang ganas yang tak dapat diduga waktu datang.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Pantai Selatan, dengan hamparan pasir putih sepanjang 3Km. Pantai memiliki hamparan pasir yang luas dan bersih. Pengunjung dapat leluasa bermain main diatas pasir pantai ini. Pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, membuat pengunjun dapat menikmati view laut yang luas sampai batas cakrawala.

Pemandangan yang melatarbelakangi pantai pun tak kalah indah. Di sekitar pantai dikelilingi oleh rangkaian gunung Limo. Selain sebagai obyek wisata, Pantai Teleng Ria ini juga dijadikankan untuk Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sehingga pengunjung dapat membeli ikan segar yang baru di tangkap oleh para nelayan.

Pantai Teleng Ria berjarak kurang lebih 2,5 km dari pusat kota. Jarak ini sekitar 5 menit dari pusat kota. Akses jalan menuju pantai Teleng Ria sangat mudah. Karena sudah menjadi tempat wisata unggulan, jalan yang dilalui juga sangat bagus. Pengunjung bisa menggunakan mobil pribadi atau bahkan rombongan bis juga tersedia area parkir yang luas.

7. Pantai Watu Karung

Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)

Salah satu pantai terbaik di Pacitan yang bisa Anda jadikan tempat untuk menikmati liburan adalah Pantai Watukarung. Dengan ciri khas pasir putih, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

Pantai ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitankurang lebih sekitar 25 sampai 30 kilometer. Jalan menuju pantai ini cukup sulit untuk dicapai karena hanya melalui jalanan menanjak yang kecil dan berliku jalan dan ke bawah, sehingga perjalanan ke pantai Watu Karung memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Hamparan pasir putihnya terasa sangat lembut. Pulau-pulau karang menghiasi lepas pantainya. Sinar matahari yang bersinar cerah dan langitbiru membuat semuanya semakin sempurna. Bagi pecinta wisata pantai, Pantai Watukarung menawarkan ikonnya yang unik ada batu karang Putri samudra dan Pulau Sirondo.

Pasir putihnya yang halus akan menyapa Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Di balik keindahannya, Pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa, yang sering digunakan untuk arena olahraga air surfing.

Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang, pada saat-saat tertentu Pantai Watu Karung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surferserasa berada di surga. Baik surfer dengan goofy style maupun natural bisa berselancar di sini karena Pantai Watu Karung memiliki ombak kanan dan kiri. Beberapa kali pantai ini dijadikan tuan rumah lomba surfing.

Dijamin betah dan selalu ingin kembali. Apalagi jika bermalam menikmati siluet saat sunrise maupun sunset dari tepian pasir pantai Watukarung yang eksotis. Suara deburan ombak pantai serta angin sejuk pun menambah akrab suasana pantai ini. Dan tentu, keindahan alam Pacitan dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pesona tersendiri untuk menghadirkan wisatawan.

8. Pantai Kasap

Spot foto di Pantai Kasap. (Foto: Wiwid Pheni Dwiantari)

Salah satu keindahan tersebut terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, yakni Pantai Kasap.

Yang menjadi daya tarik, di Pantai Kasap ini terdapat sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan beberapa gugusan pulau hijau. Padang rumput hijau di atas bukit tersebut menawarkan pesona yang serupa dengan kawasan Painemo di Raja Ampat.

Nah, untuk menikmati panorama tersebut, Anda silahkan menuju ke kawasan wisata Watukarung. Sebab kawasan Pantai Kasap ini masih satu area dengan 12 pantai lain di Desa Watukarung yang kemudian dinamakan Kawasan Wisata Watukatung.

Untuk semakin mempercantik kawasan raja ampatnya Pacitan, pengelola Pantai Kasap oleh Desa setempat terus bersolek untuk menampilkan keindahannya. Pengelola setempat menambahkan sejumlah spot menarik, seperti gardu pandang dan spot swafoto di bagian bukit Pantai Kasap.

Nah, momen lembayung senja menjadi momen paling keren dan paling ditunggu. Saat inilah menjadi saat-saat dimana Anda merasakan sensasi matahari rona kemerahan di belakang pulau-pulau kecil di lautan lepas Pacitan. Indah sekali. Jadi, Anda sudah pernah berkunjung ke Pantai Kasap? Jangan lupa jaga kebersihan pantainya ya.

9. Pantai Srau

PANTAI SRAU. Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. (Foto: Dok Pacitanku)

Salah satu pantai terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Pacitan adalah Srau. Pantai ini merupakan tujuan wisata favorit karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Pacitan.

Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain memiliki pesona pantai, ombak dan batu karang yang indah, pantai yang terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Pringkuku, Pacitan ini memiliki pesona lain yang tak kalah menariknya, yakni lembayung senja.

Adapun, jarak tempuh dari Kota Pacitan hanyalah sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit saja. Jika Anda membayangkan pantai dengan pasir putih berkilau dan air laut yang jernih, maka semua itu tersaji di Pantai Srau.

Pasir putih di pantai ini pun begitu lembut, tetapi tidak lengket di kulit sehingga nyaman untuk dipijak. Hal itu juga membuat Pantai Srau pas untuk bermain air. Meski demikian seperti tipikal pantai di pesisir selatan Jawa, ombak cukup besar sehingga kurang pas untuk aktivitas berenang.

Kawasan Pantai Srau juga cukup luas sehingga bisa menampung banyak wisatawan. Total ada tiga kawasan pantai pasir putih di Srau ini. Biasanya pengunjung menyebutnya sebagai Pantai Srau 1, 2, dan 3.

Perpaduan pasir putih, batu karang yang berdiri tegak, ombak, dan panorama mentari yang akan kembali ke peraduannya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Srau. Agar tak kehilangan momen – momen berharga, banyak juga para wisatawan dari luar yang rela menikmati sunset sekaligus menginap di pantai indah nan mempesona ini.

10. Pantai Klayar

Spot Selfie Pantai Klayar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pantai ini mempunyai keindahan tersendiri, dengan ombak yang sangat indah dengan deburannya yang kencang serta semburan air laut dari sela-sela karang menjadi ciri khas pantai ini.

Pantai ini terletak di dua dusun, yakni sebagian Dusun Kendal dan sebagian Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Jika ditempuh dari kota Pacitan sejauh sekitar 35 kilometer.

Keindahan Pantai Klayar setelah perjalanan yang cukup menguras adrenalin, Anda akan mendapatkan sensasi. Pantai Klayar adalah pantai dengan karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biruatau bisa juga disebut hijau tosca, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami.

Yang menjadi ciri khas dan membuat Pantai ini indah adalah bentuk batuan karang Tanah Lot yang indah dengan bebatuannya, juga di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di Pacitan.

Pantai Klayar akan terlihat tambah elok ketika anda berada disana saat cuaca sedang cerah, maka pada kondisi tersebut, akan ada sinergi biru laut demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan pasir putih yang mempesona.

Sisi lain Pantai Klayar bukan hanya elok pada keindahan pasir putihnya saja. Tebing – tebing karst juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Klayar Bagi yang asing dengan istilah ini, karst merupakan struktur bumi hasil pelarutan batuan gamping, granit, atau batuan pasir lainnya. Hampir sama dengan permukaan goa. Uniknya, gugusan karst di Pantai Klayar berukuran raksasa dan berwarna gading pucat. Menjulang tinggi puluhan meter.

Di area pantai utama, Anda akan mendapati dua bukit dibagian kanan dan kiri pantai. Kalau Anda ingin melihat dan menikmati pemandangan Pantai Klayar dari ketinggian lebih dulu sebelum basah-basahan tidak ada salah  pergi ke bukitnya terlebih dahulu.

Pantai Klayar ini memiliki teluk berupa bebatuan yan gmenjulang. Tak ayal bebatuan tersebut akan memecah ombak laut yang mengarah ke teluk. Sensasi keindahan ombaknya pun akan bertambah saat ombak-ombak itu menabrak bebatuan.

11. Pantai Ngiroboyo

Apakah anda sedang mencari tempat rekreasi keluarga murah meriah namun sekaligus mengedukasi? Kini tak perlu khawatir, sebab di Pacitan ada satu kawasan wisata Pantai yang bisa mengajak Anda untuk mencintai alam, sekaligus menikmati panorama dan keindahan Pantai, yakni kawasan wisata Pantai Ngiroboyo, yang dinamakan dengan wisata Pesona Ngiroboyo.

Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo adalah salah satu kawasan wisata yang terletak di Dusun Sambi, Desa Sendang kecamatan Donorojo. Pantai Ngiroboyo merupakan salah satu Pantai yang ada di Pacitan yang memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya pasir hitam yang mendominasi sebagian besar Pantai.

Jika kebanyakan pantai salah satu daya tariknya adalah pasirnya yang putih, Pantai Ngiroboyo justru kebalikannya. Salah satu daya tariknya adalah pasir hitamnya yang mendominasi sebagian besar pantai. Ketika terpapar sinar matahari, pasir hitam tersebut nampak berkilauan, apalagi setelah tersapu ombak laut selatan.

Pantai Ngiroboyo sendiri lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Klayar. Dan saat ini, pengelolaan Pantai Ngiroboyo langsung dikelola oleh BUMDesa Subur Makmur, Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Dan sebelum dikelola oleh warga secara terpusat, di kawasan ini sempat digelar festival dayung Ngiroboyo selama beberapa kali dan cukup menyedot wisatawan yang berkunjung kesana. Bahkan festival dayung ini menarik minat mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Semarang untuk melakukan penelitian tesis di kawasan wisata ini.

Selain berbagai fasilitas di dalam air tersebut, Pantai Ngiroboyo mempunyai tepi berupa dataran yang luas sehingga sangat cocok untuk aktivitas camping, outbound training maupun aktivitas outdoor  lainnya. Fasilitas wisata di Kawasan pantai tersebut tambah lengkap dengan adanya Tiara Hills, semacam bukit pandang yang tak jauh dari lokasi pantai utama.

12. Pantai Buyutan

Keindahan Watu Narada Pantai Buyutan di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok Pacitanku)

Kekayaan alam dan pantai di Indonesia ada di Pacitan. Selain Pantai Klayar yang sudah terkenal keindahannya, ada satu lagi pantai yang bisa Anda jadikan alternatif untuk menikmati piknik bersama orang-orang tercinta. Namanya Pantai Buyutan.

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini masih satu desa dengan Pantai Banyu Tibo dan tak jauh juga dari Pantai Klayar yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Jika ditempuh dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dengan menempuh waktu 1 jam berjalanan.

Jika ingin berkunjung dan menikmati Pantai Buyutan, akses termudah menuju pantai ini adalah melalui jalur Punung- Goa Gong. Dari kawasan wisata Goa Gong ambil lurus arah ke Desa Kalak Kecamatan Donorojo.

Di perempatan Kalak belok kiri, melewati Pasar Kalak. Setelah pasar ada pertigaan, ambil jalan yang kanan, kalau jalan yang kiri menuju Pantai Klayar. Ikuti terus jalan utama, sekitar dua km hingga ada penunjuk arah ke Pantai Buyutan.

Yang unik, pantai dengan karang mahkota yang terletak tidak jauh dari bibir Pantai ini juga menghadirkan hamparan pasir putih yang luas dan eksotis. Salah satu yang menjadi keunikan di Pantai ini adalah teradapat nya batu karang berbentuk seperti mahkota, ada yang menyebut kerang tersebut dengan Mahkota Narada.

Pantai Buyutan akan semakin mempesona, jika dikunjung sore hari pemandangan lembayung senja dan matahari tenggelam serta saat pagi hari menyaksikan momen terbitnya matahari dengan siluet yang sangat indah.

Dan kini, seiring semakin banyaknya pengunjung, tentunya Pantai Buyutan semakin dibenahi. Akses jalan kini sudah dibangun sampai tepi pantai. Fasilitas seperti sarana toilet, mushola, lapak pedagang hingga kawasan souvenir sudah ada di kawasan ini.

13. Pantai Banyu Tibo

Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono saat mengunjungi Pantai Banyu Tibo.

Salah satu pantai di Pacitan yang layak menjadi referensi wisata anda adalah Pantai Banyu Tibo Pacitan. Yang unik, pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini adalah Air Terjun yang berada di pinggir pantai dimana kucucan airnya langsung terjun ke pantai Selatan.

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada.  Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.  Yang membuat Banyu Tibo menjadi sangat menarik, yaitu air terjun ini terletak tepat berada di tepi bibir pantai.

Air terjun ini berasal dari sebuah sungai kecil yang jernih dan tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Aliran air inilah yang berakhir dengan terjun dan menyatu dengan debur ombak laut selatan disebuah teluk kecil yg dikelilingi batu karang.

Untuk menuju ke kawasan pantai Banyu Tibo, akses jalan menuju Pantai tersebut lumayan bagus , Area Pantai Banyu Tibo ini cukup menarik dan terkesan indah. Area Pasir putih yang menawan di hiasi akan bebatuan indah mirip dengan sebuah ukiran di kayu. Di pesisir pantai dihiasi lempengan bebatuan menambah indahnya pantai – pantai di Pacitan.

Nah, demikianlah 13 pantai terbaik di Pacitan versi Pacitanku.com. Selamat menikmati keindahannya ya lur, jangan lupa tetap jaga kebersihan dan keindahan pantainya. Selamat berlibur.

Video Ini Daftar Top 13 Pantai di Pacitan