Strategi Indrata-Gagarin Atasi Persoalan Pengangguran di Pacitan: Tumbuhkan Ekonomi Sektor Agraris Hingga Penguatan Skill

oleh -13134 views
Paslon bupati dan wakil bupati nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin saat debat publik perdana, Selasa malam. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin memiliki sejumlah program untuk mengatasi persoalan pengangguran di Pacitan. Hal tersebut disampaikan saat debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan edisi perdana, Selasa (27/10/2020) di Gedung YABI Pacitan.

“Untuk masalah pengangguran, kami jngin menumbuhkan ekonomi dari sektor agraris dan pariwisata. Itu yang akan kita maksimalkan untuk dinaikkan,”kata Cabup Aji.

Selain itu, Aji mengatakan dari sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dirinya bersama Indrata akan memberikan kebijakan pendampingan UMKM.

“Kemudian terkait UMKM, kita akan memberikan kebijakan dan fasilitasi serta pendampingan seluruh UMKM tadi dapat naik kelas dan terbuka untuk investor dapat menginvestasikan di Pacitan,”jelasnya.

Sementara, Cawabup Gagarin mengatakan salah satu yang akan dioptimalkan untuk mengatasi persoalan pengangguran adalah penguatan skill atau keterampilan di sektor pendidikan.

“Kami dari pemerintah daerah nanti kami akan melakukan penguatan berupa skill. Kami juga akan membuka bursa kerja dari Kabupaten diluar Pacitan, dengan demikian lulusan SMK bisa memahami dan harus dapat difasilitasi dari pemerintah daerah. Karena generasi muda adalah generasi yang memajukan Pacitan,”kata Gagarin.

Sebagai informasi, debat perdana yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan tersebut mengusung  tema  “Memajukan Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan