Indrata-Gagarin akan Integrasikan Pembangunan Sektor Pariwisata-Ekraf

oleh -1383 views
Paslon bupati dan wakil bupati nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin saat debat publik perdana, Selasa malam. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji dan Gagarin ingin mengintegrasikan antara ekonomi kreatif (Ekraf) dan pariwisata di Pacitan.

Hal itu diungkapkan oleh Cabup Indrata Nur Bayuaji saat debat publik yang digelar pada Selasa (27/10/2020) di Gedung Yayasan Bhakti Ibu (YABI) Pacitan.

Menurut pria yang akrab disapa Aji ini, sektor ekonomi kreatif, kecenderungannya lebih kepada kepemudaan.

“Oleh karena kami ingin membuat integrasi antara ekonomi kreatif dan pariwisata dengan melibatkan pemuda. Tentunya, ini bukan hanya untuk Pacitan, namun juga seluruh Indonesia,”tandasnya.

Menurut mantan Ketua DPRD Pacitan ini, saat ini adalah eranya revolusi Industri. Oleh karena itu, Aji akan mendorong peran pemuda untuk mengembangkan kreativitas.

Senada dengan Aji, Cawabup Gagarin memiliki ide untuk pengembangan di sektor marketing digital dalam konteks ekonomi kreatif.

“Situasi apapun, kita harus optimis. Dan, marketing dunia digital yang akan kita pacu ini yang harus kita pegang bersama-sama,”ujar politikus Partai Golkar ini.

Disisi lain, Gagarin menilai salah satu hal lain yang bisa dilakukan adalah membangkitkan mental.”Membangkitkan mental bersama masyarakat, baik teknologi maupun produksinya,”ujarnya.

SDM di era digital, menurut Gagarin akan menjadi salah satu prioritas program kerja, dimana pemuda memiliki peran penting mempromosikan daerahnya.

“Terkait SDM di era digital peran pemuda dalam mempromosikan daerahnya menjadi prioritas program kerja kami,”jelasnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan mulai menyelenggarakan kegiatan kampanye debat publik yang dilaksanakan pada Selasa (27/10/2020) malam pukul 20.00 WIB.

Debat edisi pertama kali ini mengusung tema  “Memajukan Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

Pilbup Pacitan yang akan digelar pada Rabu (9/12/2020) mendatang diikuti 2 Paslon, yakni nomor urut 1 adalah Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Sementara paslon nomor urut 2 adalah Yudi Sumbogo-Isyah Ansori. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Debat publik ini merupakan salah satu bagian dari masa kampanye Pilbup Pacitan yang sudah berlangsung sejak Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan